Review; Jualan Online Ala Dosen Jualan

13 Jan 2017
Hi all, kali ini saya mau berbagi keseruan mengikuti Workshop Jualan Online di Hotel Tree, Makassar bersama Bapak Suryadin Laoddang atau akrabnya dipanggil Dosen Jualan. Dua hari belajarnya ternyata terasa sangat singkat, mau nambah lagi harinya. Alasannya kelasnya begitu seru jadi belajarnya nyaman gak bikin tegang.

Jumlah peserta yang hadir ada 64 orang, walaupun cukup banyak tapi belajarnya tetap berkualitas loh. Bapak Dosen mengajarkan kita "rahasia" berjualan dengan facebook, instagram serta media sosial lainnya dengan sistem gratis. Ibaratnya membuka kulit selembar demi selembar tentang bagaimana berjualan lewat internet khususnya media sosial seperti facebook dan instagram.

Walaupun di dominasi pria, tapi saya beserta teman wanita lainnya tak ingin kalah. Semangat belajar saya sampai hari kedua tidak pernah padam ...cie...cie. Materi yang diajarkan sebenarnya cukup padat, tapi karena pak dosennya suka melucu jadi belajarnya semakin asyik dan tidak bosan, ngantuk pun tak pernah mampir....hehe.

Hmm....lagi seirus nih ..ssstt

Kegiatan ini sudah seminggu berlalu, sebenarnya telat post tapi tak mengapa kan??? namanya juga berbagi. Oke lanjut, yang menarik dari kegiatan ini adalah para peserta yang ikut dari berbagai profesi, ada mahasiswa, pegawai, mantan pegawai, Ibu rumah tangga, dan para wirausaha yang sudah lebih dulu terjun ke dunia jualan online dan offline.

Jadi di workshop ini kita betul-betul belajar sesuatu yang baru, walaupun sudah ngerti cara berjualan via sosial media, ikut kelas ini kita jadi lebih ngerti, ada hal yang mungkin terlewatkan atau terabaikan, dianggap biasa saja, tapi justru disitulah "sesuatu itu" yang bisa mendatangkan pembeli untuk jualan kita.

Bapak Dosen Jualan ini memang pantas disebut Dosen, cara mengajar beliau bahkan lebih berkualitas. Sadar akan perbedaan kemampuan dari masing-masing peserta, Pak Dosen lebih memilih "mengalah" untuk peserta. Dari pada menuntaskan materi sesuai jadwal, beliau lebih mengutamakan pemahaman dari materi yang diajarkan.

Bapak Dosen Jualan sedang memberikan pengarahan kepada peserta
Jadi jika ada peserta yang belum paham, "silahkan lambaikan tangan ke kamera" itu kata Pak Dosen...hehe, maka dengan senang hati akan mengunjungi peserta satu persatu, ingat yah satu persatu. Tapi tenang saja, kalau peserta sudah gak sabar minta pertolongan, ada anggota tim DJ yang akan membantu, mereka adalah alumni sebelumnya yang telah mengikuti workshop jualan online dan tentunya telah berpengalaman.

Tak usah terlalu serius guys, kelasnya santai kok, boleh selfie or wifie tapi jangan pada saat Bapak Dosennya lagi ngomong ya....hehehehe. Oke seru-serunya sudah dulu ya.....lanjut ke intisari pembahasan, ehm.


Wifie di sela-sela kegiatan (Ki-ka: Rifka, Ade, Biah, Ifa)

Tak menyesal saya bolos kerja demi mengikuti seminar ini, Bapak Suryadin Laoddang ini memang pantas menjadi Master Internet Marketing. Berpikir untuk terjun ke jualan online membutuhkan kemahiran dalam hal teknologi, mengalahkan pesaing, mencari pembeli, teknik berjualan sampai closing. Tapi beliau dalam menyampaikan hal yang seruwet itu bahkan dengan bahasa yang paling sederhana.

Bapak DJ tau betul "makhluk" apa yang sedang dihadapinya, umur yang tidak semuanya muda tentu memiliki daya tangkap yang berbeda pula. Ibu dan Bapak yang menyebut dirinya sudah berumur banyak dan gaptek jadi lebih mudah memahami materi. Jadi kita disini langsung beraksi sesuai arahan Bapak Dosen, Banyak lagi hal seru dan positif yang saya rangkum dalam beberapa poin.

5 Poin Penting Mengikuti Workshop Jualan Online ala Dosen Jualan

Wawasan lebih terbuka mengenai produk apa saja yang bisa di jual. Bahkan ada angkatan sebelumnya yang menjual kotoran sapi secara online...hmmm.
   
Cara berjualan ternyata tidak ribet-ribet amat, banyak yang bilang foto atau video harus terlihat profesional agar lebih laris, ternyata Pak Dosen memberikan contoh buat video dengan cara yang paling sederhana, membuat saya terbahak-bahak dan.....LARISS. Mau tau jualan apa??MOBILL.. makk??? hehehe
   
Reseller yang lebih sederhana, memang sih yang namanya reseller cukup mudah, tapi "resep" ala Dosen Jualan ini betul-betul di luar akal sehat saya, lebih mudah dan lebih sederhana.
   
Mendapatkan calon pembeli yang tertarget. Nah ini guys yang paling penting dalam berjualan, dimana kita bisa mengetahui wilayah mana saja yang lagi demenn ama produk kita, bahkan sampai identitas orangnya pun bisa kita sesuaikan loh.
   
Kata kunci, mungkin para blogger sudah terbiasa dengan mengoptimasi kata kunci, tapi apakah untuk media sosial seperti facebook, instagram, dan youtube tekniknya sama? Pak dosen memberikan cara jitu mendapatkan kata kunci hingga 1000 lebih dengan topik yang sama.

Setelah saya mengikuti workshop apa sudah gitu aja? Nggak kok, peserta yang telah mengikuti workshop jualan online akan terus dibimbing oleh Pak Dosen. Jadi jika masih ada yang kurang jelas atau ada hal baru yang ingin ditanyakan silahkan chat beliau, bisa langsung atau melalui grup. Disana akan di bantu juga sama teman-teman alumni. Selain itu akan ada kopdar dan asistensi sejauh mana perkembangan usaha kita.

Workshop Jualan Online ala Dosen Jualan ini biasanya diadakan setahun sekali, maklum Pak Dosennya juga sibuk di kota lain, jadi mesti sabaran yah. Untuk Makassar sendiri rencana akan diadakan Februari nanti, tapi ini masih rencana ya. Untuk kota lain ntar deh saya minta bocoran informasi dari Pak Dosen. Oke temans, sekian cuap-cuap saya,....bye.

====
Artikel dan Foto : http://www.adeputriar.com/2016/10/jualan-online-ala-dosen-jualan.html
Description
: Review; Jualan Online Ala Dosen Jualan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Suryadin Laoddang
ItemReviewed
: Review; Jualan Online Ala Dosen Jualan

0 komentar:

Poskan Komentar test

Copyright 2017 - Pembicara Pelatihan Internet Marketing Facebook Konsultan Pakar SEO