Peluang Usaha; Manisnya Untung dari Arummanis

6 Apr 2014
Kapan terakhir kali anda menikmati jenis permen ini? Masih ingat aroma dan rasa manis dibalik permen serabut ini ? Semoga saja. Ya makanan ini masih sebangsa permen, bukan roti atau biscuit. Panganan manis berbahan gula ini terbentuk menjadi pintalan gula setelah dibakar terlebih dahulu. Bentuknya serupa dengan benang wol yang digulung hingga berbentuk bola bulat atau lonjong, bedanya hanya pada seratnya yang sangat tipis dan halus mirip serat kapas. Makanya banyak yang menyebutnya permen kapas, adapula yang menyebutnya gulali, namun paling kondang dikenal dengan nama arumnanis.

Penganan berbahan utama gula yang diberi pewarna makanan ini dibuat dengan bantuan mesin. Di bagian tengah mesin terdapat sebuah wadah kecil, perlahan sedikit demi sedikit gula berwarna tadi dimasukkan dalam wadah kecil tersebut.  Pemanas yang berada di tepian wadah akan mencairkan gula tersebut yang kemudian diputar oleh lubang-lubang kecil disekelilingnya. Cairan yang diputar tadi akan berubah wujud yang menjadi benang-benang tipis, berpencar kesegala arah lalu menempel dipinggiran panci mesin tadi. Serat-serat tersebut selanjutnya dipadatkan oleh udara. Serat-serat gula tersebut selanjutnya dikumpulkan pada sebuah wadah logam besar. Dengan bantuan sepotong kayu kecil atau sebuah karton berbentuk krucut, operator mesin menangkap serat-serat tersebut dengan memutarkannya hingga terbentuklah pintalan yang cantik dan menarik selera pembeli.

Tahun 1904, arumanis pertama kali diperkenalkan oleh William Morrison dan John C. Wharton, di St. Louis World's Fair dengan nama "Fairy Floss”. Saat itu mereka sukse menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$ 0,25, atau setengah dari harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut.

Potensi pasar arumanis sangatlah luas dan dapat dinikmati siapapun mulai dari kanak-kanak hingga dewasa. Potensi inilah yang sukses dibidik dan dioptimalisasi oleh Arumanis Rainbow melalui variasi rasa dan kemasan yang sangat memanjakan konsumen. Arumanis Rainbow unit usaha yang fokus pada produksi dan penjualan permen kapas. Produk Arumanis Rainbow juga memiliki variasi rasa yang sangat banyak seperti rasa susu, rasa anggur, rasa original, rasa bubble gum, rasa durian dan rasa daun. Kemasan juga sangat unik, jika selama ini arumanis identik dengan bungkusan plastik bening, maka Arumanis Rainbow hadir dengan kemasan berbentuk tabung. Masing-masing kemasan dibanderol dengan varian harga Rp. 8.000 untuk ukuran kecil, Rp. 10.000 untuk ukan besar dan ukuran besar seharga Rp. 12.000.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Arumanis Rainbow menawarkan sistem waralaba kepada para mitra bisnisnya. Menurut Marissa (34), marketing manager Arumanis Rainbow saat ditemui Suryadin Laoddang dari Majalah Inspirasi Usaha. Produk Arumanis Rainbow yang telah lolos uji laboratorium kesehatan ini telah memiliki mitra waralaba sudah menyebar di penjuru  Indonesia, diantara di Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Palembang, Lampung, Serang, Cilegon, Tangerang, Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Semarang, Purwokerto, Solo, Jogja, Malang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Bontang, Balikpapan, Makassar dan Denpasar.

Sistem waralaba yang dikembangkan oleh Arumanis memiliki keunggulan diantaranya :
A.    One to Many, satu franchise bisa buka banyak Outlet. Tanpa harus membeli paket franchise lagi!
B.    Produk bisa didistribusikan ke toko, sekolahan, pesta ultah, dll,
C.    Asistensi penyediaan Outlet bagi para Franchisee. Dibantu agar bisa memiliki outlet di Mall-mall dikota masing-masing.
D.    Menerapkan konsep Blue Ocean Business alias tidak ada saingan sejenis.
E.    Rencana Life Cycle Manajement yang dimiliki Arumanis Rainbow dapat menjaga peningkatan revenue dari tahun-ke tahun, hingga lebih dari 10 tahun kedepan,
F.    ROI Cepat,
G.    Tersedia berbagai pilihan rasa, original, bubble gum, durian, awan, grape dll.
H.    Tidak mengenal rugi karena bahan tidak kenal basi atau kadaluarsa.
I.    Terbukti sukses di banyak tempat.

Berdasarkan pengalaman, gerai waralaba Arumanis Rainbow dapat dengan mudah berkembang jika dibuka ditempat-tempat seperti Tempat Wisata, Mall, Supermarket/Minimarket, Foodcourt, Sekolahan, Toko Roti, Warung, Restaurant, Bandara, Stasiun/Terminal, Alun-alun, Pesta Ulang Tahun dan berbagai event dan tempat keramaian lainnya, seperti pasar malam.



Simulasi Bisnis Arumanis Rainbow :
ASUMSI :
•    Memiliki 1 outlet aktif dan 4 outlet satellite (outlet satellite tidak perlu sewa tempat, karena berupa sistem titip jual)
•    Harga jual kemasan gulung Rp 10.000,-/kemasan, (harga jual berkisar Rp. 2.500 s/d Rp. 14.000,-
tergantung variant)
•    Biaya per-kemasan +/- Rp. 1.500,-/kemasan gulung, (terdiri dari biaya kemasan, stick, tali ikat, gula dan bumbu-bumbu)
•    Margin (keuntungan kotor) per-kemasan: Rp. 10.000 – Rp. 1.500 = Rp. 8.500,-/kemasan gulung.
PENJUALAN :
•    Penjualan di Outlet Aktif (1 Buah Outlet)                  60 kemasan/hari.  
•    Penjualan di Outlet Satellite (4 Buah Outlet):          30 kemasan/hari/outlet (untuk 4 outlet
                                                                                                berarti 120 kemasan/hari)

•    Total Penjualan
Perhari 180 kemasan/hari = Rp. 1.800.000/hari = Rp. 54.000.000/bulan

•    Margin (keuntungan kotor):
Total margin per-bulan: 180 kemasan/hari X 30 hari X Rp. 8.500,- = Rp. 45.900.000,-

BIAYA-BIAYA :
Biaya 2 orang Tenaga Kerja @ Rp. 800.000,- total tenaga kerja           Rp. 1.600.000,-
Biaya Sewa Tempat Outlet Aktif                                                           Rp. 2.000.000,-
Biaya lain-lain (bensin, pulsa, parkir, dll)                                                Rp. 1.012.000,-
Total Biaya                                                                                           Rp. 4.612.000,-

KEUNTUNGAN BERSIH:
Total Margin – Total Biaya = Rp. 45.900.000 – Rp. 4.612.000,- = Rp 40.888.000,-/bulan

PILIHAN PAKE FRANCHISE

a.    Paket Micro Home Industry ( Rp. 7 Juta-an)
Langsung dapat 3 outulet. Cocok untuk usaha di rumah. Produk dibuat di rumah lalu di distribusikan ke Sekolah, Warung, Kantin, Swalayan dll.
b.    Paket Mini Silver (12 Juta-an)
Langsung dapat 3 outulet. Booth dan mesin bisa dibongkar dan dibawah (model bongkar pasang) dengan sepeda motor. Pas untuk dihadirkan pada acara ulang tahun, ikut bazar, pasar malam, dll.
c.    Paket Ferrari (18 Juta-an)
Langsung mendapatkan 3 outlet. Booth didesign dari bahan fiber yang eksklusif dengan paduan fungsi booth yang fleksibel, booth bisa difungsikan sebagai booth permanen dengan display di mall, swalayan, dll. Bisa pula dikembangkan menjadi mobile booth yang memungkinkan untuk didorong keliling perumahan atau di lokasi acara/pusat keramaian seperti pasar malam, pameran, tempat rekreasi, dll.
d.    Paket Combo (23 Juta-an)
Langsung mendapatkan 5 outlet. Booth didesain cantik dan full asesoris.
e.    Paket Combo (23 Juta-an)
Langsung mendapatkan 4 outlet. Bebas sewa tempat di Pusat Perbelanjaan besar di kota masing-masing franchisee

Salah satu keunggulan arumanis rainbow adalah inovasi dalam membuat kemasan yang kedap udara, sehingga arum manis tidak menjadi kempes (mengeras). Berbeda dengan arumanis lainnya yang cepat mengempes jika terkena udara. Kemasan kedap udara ini membuat arumanis mampu bertahan hingga 14-28 hari (pada suhu 4-26oC). Hemm, bisnis yang tidak kenal rugi. 

Anda berminat? Segera hubungi managemen Arumanis Rainbow berikut :
Marketing Office : Raffles Hills Blok R-8 No. 20 Cibubur Jakarta Timur. e-Mail : sales@arumanisrainbow.com, arumanisrainbow@gmail.com. Facebook: http://www.facebook.com/arumanis.rainbow, twitter: @arumanisrainbow atau di nomor telepon : 021-37098736, 082112076552, 0818925242, 081513341666, 082130010029, 08121004943. Jangan lupa kunjungi juga websitenya http://www.arumanisrainbow.com

Description
: Peluang Usaha; Manisnya Untung dari Arummanis
Rating
: 4.5
Reviewer
: Suryadin Laoddang
ItemReviewed
: Peluang Usaha; Manisnya Untung dari Arummanis

5 komentar for Peluang Usaha; Manisnya Untung dari Arummanis:

  1. Dah lama juga saya gak lihat dan makan arum manis.. :)
    Kunjungan balik ke Dus Makanan

    BalasHapus
  2. Wah menarik juga nih usaha arumanisnya.. Salam kenal saja

    BalasHapus
  3. Boleh di coba tapi biasa aku lihat klau arumanis.nya udah 3 hari pasti kempes ada resep nggak?

    BalasHapus
  4. Menarik bgt nih..
    boleh di coba juga..

    BalasHapus

Copyright 2017 - Pembicara Pelatihan Internet Marketing Facebook Konsultan Pakar SEO