Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Regenerasi Pembicara dan Guru Internet Marketing Indonesia

Regenerasi Pembicara dan Guru Internet Marketing Indonesia. Kemunculan sosok pembicara internet marketing di Indonesia ternyata mengalami proses Regenerasi. Pelaku dan tokohnya silih berganti dalam mewarnai hiruk pikuk dunia internet marketing itu sendiri. Artikel ini mencoba merangkung cerita dalam teks tentang regenerasi pembicara dan guru internet marketing Indonesia. Merekalah sosok yang bertugas mengajarkan pemula agar tahu, paham dan menjalan internet marketing dengan benar, tentu untuk pertumbuhan bisnis mereka. 

Pembicaraan Level Nasional yang Muncul di Panggung Seminar dan Workshop

Sebagai seseorang yang memiliki pengaruh, para pembicara internet marketing dituntut untuk dapat menjelaskan secara rinci terkait dunia digital. Dimana ada beberapa audience nya yang masih awam atau tidak terlalu paham soal teknologi masa kini, itulah tugas mereka agar para hadirin memahami.

Pengkelompokan generasi ini dibuat berdasarkan asumsi sepihak dari Tim Dosen Jualan. Rentang gerasinya juga dibuat secara subjektif berdasarkan data base yang penulis miliki. Kerana saat ini belum tersedia data yang lengkap tentang semua tokoh yang dimaksud dalam artiktel ini. Artikel ini dibuat pada hari Jumat, 12 Februari 2021, Jam 00.13 WIB. Artikel ini akan terus diedit jika tim penulis menemukan data pelengkap terkait.





I. Pembicara Internet Marketing Generasi Pertama

Pada medio 2004 -2006, hadirlah seorang pembicara internet marketing untuk pertama kalinya dan dikenal oleh khalayak luas. Merekalah yang memulai untuk mengajarkan banyak hal terkait dengan dunia digital dan juga teknologi di Indonesia , seperti halnya cara memaksimalkan bisnis agar sukses di masa depan. Mengingat bisnis di masa depan memang akan makin lekat dengan pemasaran online. 

1. Anne Ahira

Salah satu pelopor internet marketing pertama kali dan banyak dikenal oleh khalayak luas ialah Anne Ahira. Beliau merupakan sosok wanita penginspirasi dalam dunia bisnis secara online dan juga internet marketing. Bahkan impiannya sendiri ia wujudkan dan dibuktikan ke semua orang. CEO dari PT Asian Brain ini merintis karir internet marketing sejak 2002. Anne, memiliki motto hidup ““Kekayaan sejati adalah apa itu saya, bukan apa yang saya miliki.”

Lahir di Bandung pada 8 November 1979. Anne Ahira juga merupakan wanita pekerja keras, pengalamannya dalam mengajar bahkan hingga mencoba untuk menjadi seorang internet marketer semuanya ia lakukan dengan penuh tekad kuat. Rahasia ia bisa sesukses itu karena beliau menggunakan cara yaitu afiliasi dan juga networking. Dengan cara itulah Anne Ahira membuktikan kepada khalayak luas bahwa belajar internet marketing menggunakan afiliasi serta networking cukup mudah untuk dilakukan. Asalkan pelaku usaha tersebut berusaha semaksimal mungkin agar segala upaya bisa terwujud.

2. Joko Susilo

Adapun pembicara internet marketer lain pada generasi pertama yaitu Joko Susilo. Beliau dengan Anna Ahira dikenal karena produk mereka paling sering muncul dan pada akhirnya menjadi sangat terkenal di masa itu. Tentu beliau memasarkannya juga lewat internet marketing. Perkembangan berikutnya beliau juga banyak mendidik anak muda Indonesia untuk merintis karir di bidang jualna online.

Banyak pemula yang merasa terbantu berkat kehadiran beliau, karena dapat mempelajari banyak hal terkait peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, akan semakin mudah Anda menerapkan atau menggunakan cara ini. Mengingat teknologi sudah canggih.

Teknologi yang sudah canggih seperti sekarang ini, tentu saja akan membuat banyak peluang bagi pelaku usaha atau pebisnis pemula memulai karirnya dalam dunia internet marketing secara online. Hal tersebut pastinya bisa membawa keuntungan besar.

II. Pembicara Internet Marketing Generasi Kedua

Selanjutnya, pada generasi kedua ini banyak pelopor yang melanjutkan pekerjaan dari generasi pertama sebagai guru internet marketing dan membagikan ilmu ke semua orang termasuk bagi para pemula yang ingin menjadi seperti mereka. Semua itu memiliki tujuan serta visi dan misinya sendiri.

1. River Maya

River Maya merupakan salah satu top marketer dan kabarnya beliau adalah contoh sukses yang berasal dari lulusan Asian Brain Anne Ahira. Tak heran bila ia menjadi sukses seperti sekarang, karena mengikuti jejak sosok wanita pekerja keras dari generasi pertama internet marketing tersebut.

Tak jauh berbeda dari Anna Ahira, River Maya juga dikenal merupakan sosok pekerja keras dan pantang menyerah. Hal itulah yang membuatnya sampai di titik seperti sekarang ini. Bahkan, seringkali menjadi juru pembicara internet marketing yang sangat berpengaruh dalam kehidupan digital.

Menjadi seorang pembicara internet marketing, membuat River Maya makin dikenal oleh banyak orang terutama pebisnis pemula yang ingin memulai karir mereka lewat digital atau secara online. Dengan mengajarkan ilmunya, beliau cukup merasa senang membantu para pebisnis Indonesia.

2. Riyeke Ustadiyanto

Riyeke Ustadiyanto seringnya dipanggil komandan, inisiator dari Indonesia Bootcamp. Beliau sangat ahli dalam bidang Search Engine Optimization (SEO), oleh karenanya ia banyak membantu perusahaan UKM agar mendapatkan customer. Muridnya yang belajar ke beliau juga sangat banyak dan dari seluruh penjuru Indonesia.

Siapapun pelaku internet marketing di Indonesia, tentu kenal dengan Riyeke Ustadiyanto, bahkan ia dikenal karena menjadi CEO dari iPaymu atau kreator sistem pembayaran secara online. Hal itu membuat Riyeke Ustadiyanto makin dikenal oleh banyak masyarakat luas terutama bagi para pebisnis pemula yang ingin merintis usahanya secara online. Disampin gmengajarkan ilmu tentang internet marketing tersebut lewat kelas bisnisnya. Beliau juga mengajarkan mindset dan sistemasi bisnis kepada para murid-muridnya.

Saat ini, komandan lebih banyak bermukim di Bali. Banyak muridnya yang sengaja datang ke beliau untuk belajar langsung, menimba ilmu langsung dari sumbernya. Tak heran, beliau memang karena kemampuan dan pengetahuannya tentang dunia digital sangatlah tinggi, ditambah wawasannya yang luas, menjadikannya menjadi seorang pemimpin serta pelopor terkenal.

3. Rully Kustandar  

Rully Kustandar adalah salah satu sosok pria penggerak internet marketing yang ada di Indonesia. Legacy-nya adalah mendirikan komunitas Kebun Emas. Kabarnya beliau sempat bangkrut, akan tetapi berkat kerja kerasnya ia berhasil bangkit, salah satunya dengan menjual ebook kebun emasnya sebanyak 40.000 eksemplar.

Dengan penjualan sebanyak itu, mungkin termasuk rekor terbesar ebook di Indonesia pada masanya. Meski memilih untuk tetap berada pada belakang layar, Rully Kustandar masih aktif dalam Affiliate Marketing. Itulah mengapa hingga sekarang disebut sebagai maestro Internet Marketer Indonesia. Karakter kerasnya tidak membuat orang-orang di sekeliling takut mendekat pada beliau, justru tetap saja nyaman. Bagaimana tidak hebat, upaya Rully Kustandar selama ini membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Memang benar perkataannya, bahwa menjadi seorang yang sukses itu butuh kerja keras dan juga pantang menyerah agar bisa mencapai titik kesuksesan.

4. Frans Pekasa

Frans Pekasa merupakan seorang yang sangat berprestasi, bahkan beliau pernah menorehkan prestasi gemilang lewat perusahaan miliknya yaitu PT. Gading Dampar Kencana. Pernah meraih piala Primaniyarta di tahun 2012 sebagai best exporter. Tak heran jika dimanapu ia hadir, selalu ditunggu sharing ilmunya, karakternya yang kalem dan kaya dengan data serta wawasan yang luas, menjadikannya layak menjadi pembicara handal.

Perlu Anda ketahui bahwa Frans Pekasa merupakan seorang pengusaha mebel yang produk tersebut diekspor ke beberapa negara di Asia, Eropa, bahkan Afrika. Bukan hanya itu saja, beliau juga ahli dalam bidang IT khususnya bidang SEO dan tentu saja internet marketing. Frans Pekasa memberitahukan kepada khalayak luas bahwa belajar internet marketing tidak sebegitu rumit, apalagi di zaman sekarang teknologi yang semakin canggih lebih membantu mereka memudahkan upaya dalam memaksimalkan penjualan produk. 

III. Pembicara Internet Marketing Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga yang dimulai dari tahun 2010 makan banyak pembicara internet marketing yang muncul. Generasi ini ditandai dengan mulai dikenal luasnya tehnik SEO di pengguna internet Indonesia. Kehadiran website berdomain ditambah Workspres, Blogspot, Weebly, Blogdetik menjadi ciri awal menjamurnya guru jualan online generasi ketiga ini.

1. Agus Piranhamas

Agus Piranhamas merupakan salah satu seorang praktisi bisnis yang sudah sejak 2004 menjalankan usaha bisnis lewat internet. Beliau memiliki visi dan misi tetap yaitu untuk membuat masyarakat Indonesia memahami akan potensi dari internet marketing / bisnis online.

Agus Piranhamas ingin memberitahukan bahwa dalam dunia internet marketing / bisnis online menyimpan banyak sekali potensi untuk dapat dimaksimalkan supaya nantinya bisa menghasilkan sumber rezeki. Beliau juga disebut menguasai dunia dengan cara menjual produk / jasanya.

Beliau menjual produk atau jasanya ke seluruh kota hingga luar negeri. Keren sekali bukan? Berkat upaya serta kerja kerasnya selama ini, Agus Piranhamas berada pada titik kesuksesan dimana ia sampai menjadi seorang pembicara internet marketing terkenal di Indonesia. 

2. Udi Juhadi

Udi Juhadi merupakan salah satu seseorang yang menyebarkan ilmu marketing digital kepada khalayak luas terutama Indonesia. Beliau memiliki visi dan misi kuat yaitu untuk dapat memberitahukan betapa pentingnya masyarakat mengetahui dunia bisnis secara online.

Dengan memperkenalkan dunia bisnis secara online yang semakin berkembang maju ini, maka akan ada banyak masyarakat menerapkannya. Perlu diketahui bahwa internet marketing seperti ini, tentu saja membawa keuntungan lebih besar karena nantinya dunia akan semakin lebih berkembang.

Dalam perkembangan dunia dalam lingkup online itulah, belajar internet marketing pasti akan memberikan dampak positif. Terutama bagi para pebisnis pemula yang akan merintis usahanya dan memfokuskan dalam dunia digital untuk dapat memancing banyak customer. 

3. Slamet Sukardi

Slamet Sukardi merupakan seorang pembicara internet marketing generasi ketiga yang paling banyak mengisi acara penting dan terkenal sekalipun. Beliau mengajarkan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk memahami dunia digital secara mendalam agar mereka mampu berbisnis online.

Beliau banyak mengisi acara seperti layaknya Indonesia Internet Marketing Learning Center. Tentunya masyarakat akan diajak berlatih dan mengetahui banyak hal, yaitu tentang ilmu pengetahuan terkait dunia digital serta berbisnis online yang pastinya akan membawa keuntungan di masa depan.

Slamet Sukardi sama seperti rekan kerjanya yang lain yaitu mengajarkan banyak hal terkait dengan dunia internet marketing serta cara mengoptimalkannya. Dengan menggunakan konsep strategi marketing seperti itu, dijamin mampu memancing customer datang.

4. Jaya Setiabudi

Jaya Setiabudi merupakan seorang praktisi yang telah mengisi banyak acara penting seperti halnya mengajarkan masyarakat Indonesia bagaimana cara belajar menjual produk secara online. Beliau mengakui bahwa dunia digital saat ini adalah hal yang sangat memungkinkan untuk dapat untung.

Lewat entitas Yuk Bisnis, ingin mengenalkan internet marketing sebagai peluang untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Itulah mengapa Jaya Setiabudi memilih jalan untuk menekuni dunia digital yang dari tahun ke tahun selalu berkembang pesat seperti halnya berjualan online. Ia percaya dengan menggunakan cara tersebut maka dunia online merupakan sesuatu yang mungkin saja bisa diraih dengan kerja keras.

Dalam upaya mensukseskan karir atau usaha yang dirintis sejak nol, sebagai pelaku bisnis tentu saja harus sabar dan telaten agar kerja keras tersebut tidak sia-sia dan tak perlu bersedih hati jika suatu saat dihadapkan oleh rintangan. Dari situlah Anda belajar agar menjadi pribadi lebih kuat. 

5. Latief Pakpahan

Latief Pakpahan merupakan pelopor pembicara internet marketing selanjutnya pada generasi ketiga dunia web / blog Indonesia. Beliau memiliki visi serta misi yang kuat, yaitu memaksimalkan blog agar meningkatkan traffic ke berbagai website bisnis maupun toko online di seluruh daerah.

Latief Pakpahan memberikan training yang cukup baik kepada para masyarakat Indonesia, baik itu perorangan atau bahkan perusahaan sekalipun. Beliau mengajarkan tentang dunia digital yang begitu luas sampai bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan dari internet marketing tersebut.

Beliau mengaku sangat senang mengajarkan banyak ilmu terkait digital / internet marketing kepada khalayak luas. Itu artinya akan semakin banyak pebisnis yang memulai usahanya dengan menggunakan cara sistem online. 

IV. Pembicara Internet Marketing Generasi Keempat

Pada generasi keempat, internet marketing mulai gencar disebarluaskan oleh para pelopor atau pembicara yang memiliki ahli dalam menjelaskan terkait dunia digital atau bisnis secara online. Mereka mengajarkan banyak hal seperti ilmu pengetahuan berkaitan langsung dengan marketing.

1. Suryadin Laoddang / Dosen Jualan

Salah satu pengusaha sukses dalam dunia digital marketing adalah Suryadin Laoddang. Beliau lahir pada tanggal 8 Oktober 1979, juga merupakan seorang konsultan yang telah memulai karirnya dalam bidang bisnis secara online sejak tahun 1998 menggunakan aplikasi bernama MIRC.

Suryadin Laoddang juga disebut sebut sebagai seorang dosen digital marketing, itu karena sebelum terkenal beliau pernah menjadi dosen di salah satu Universitas di Yogyakarta. Namun, kini telah berhijrah dan memilih untuk berkutat di dunia digital marketing serta menerapkan ilmu lewat seminar.

Bahkan beliau juga pernah mengajarkan dan memberitahukan ilmu internet marketing lewat pelatihan dan juga workshop. Sudah jalan Suryading Laoddang memilih untuk berkutat pada dunia digital dan mengajak banyak pebisnis pemula agar merintis usahanya dengan cara online. 

2. Isparmo SEO

Kemudian ada pula pelopor pembicara internet marketing sekaligus merangkap sebagai konsultan pakar search engine optimization bernama Isparmo. Beliau sudah banyak mengisi acara penting dan mengajarkan masyarakat Indonesia agar memahami bagaimana berbisnis secara online bekerja.

Isparmo juga membuka pelatihan kursus Search Engine Optimization digital marketing yang terdapat di beberapa kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Depok dan masih banyak lagi lainnya. Beliau mengajarkan bagaimana cara SEO bekerja untuk memaksimalkan bisnis online.

Sesuai dengan kemampuannya dalam bidang Search Engine Optimization, Isparmo membuktikan kepada khalayak luas bahwa menjadi seorang pebisnis secara online itu mudah saja. Cukup mengandalkan website di halaman nomor satu dalam pencarian google.

3. Ayatullah Fahd

Selanjutnya ada pelopor bernama Ayatullah Fahd yang dikenal sebagai pembicara internet marketing raja youtube. Beliau memiliki kesamaan dengan para pelopor lain, yaitu mengajarkan masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih jauh terkait dunia digital dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Ayatullah Fahd mengajarkan banyak hal penting terkait internet marketing yang saat ini sangatlah penting digunakan. Beliau memberitahu kepada khalayak luas bahwa keuntungan atau profit bisa didapatkan dengan mudah jika bekerja keras, caranya dengan mengoptimalkan bisnis secara online.

Beliau memberitahukan bahwa sebagai seorang pebisnis apalagi bagi pemula, harus memaksimalkan usaha agar hasilnya bisa memuaskan seperti dapat menghasilkan banyak keuntungan / profit lebih.

4. Riyana Widya

Riyana Widya juga merupakan salah satu pelopor internet marketing yang banyak disukai orang terutama bagi pemula yang ingin memaksimalkan bisnis mereka secara online. Beliau akan membantu dan bahkan sempat mengisi acara penting untuk mengajarkan ilmu bisnis dunia digital. Pada generasinya, ia adalah satu-satunya pembicara dari kalangan perempuan

Oleh karena itu, banyak pemula dalam hal bisnis yang selalu mengaitkan Riyana Widya di dalamnya. Dikarenakan beliau sudah ahli dalam mengatasi hal seperti ini, bahkan siap untuk membantu siapa saja yang mengalami kendala dalam melakukan bisnis secara online.

Dengan pilihan hidupnya yang lebih memilih jalan sebagai seorang pembicara internet marketing, Riyana Widya mengaku senang mengajarkan ilmu bermanfaat kepada khalayak luas terkait bisnis di dalam dunia digital.

5. Yusuf Hadi Suseno / Shembah Bravo

Yusuf Hadi Suseno atau biasanya lebih dikenal Shembah lahir tepatnya di kota Bengawan Solo pada tanggal 8 April 1981. Dulunya, ia adalah mantan karyawan karena pernah bekerja sebagai salesman sampai area manager. Namun, tahun 2008 beliau resign dari pekerjaan tersebut karena menikah.

Lalu kemudian memutuskan untuk hijrah dari karyawan menjadi seorang pengusaha. Awalnya ia memiliki hutang bahkan sampai milyaran rupiah, akan tetapi beliau tak putus asa dan memilih untuk menjual beberapa produk ke teman-temannya. Dari situlah Yusuf dikenal sebagai brokerpreneur.

Memang, menjadi seseorang yang sukses itu harus mau jatuh bangun berkali-kali. Dengan begitu, ia akan merasakan bagaimana rasanya berusaha bangkit dan mempelajari hal baru atau strategi marketing agar hasilnya memuaskan serta sukses di kemudian hari.

6. Nofi Bayu Kurniawan

Memang, namanya usaha itu tak melulu dilakukan secara offline saja akan tetapi bisa juga online. Apalagi dalam perkembangan zaman yang semakin canggih seperti ini, para pelaku usaha dituntut untuk membuat strategi marketing baru agar customer tidak menjauh dan tetap pada usahanya.

Dengan berpatokan kata-kata itulah seorang Nofi Bayu Kurniawan kini telah berhasil dan sukses. Bahkan sekarang memiliki banyak sekali bisnis online yang sudah tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Beliau bahkan rela keluar dari kementerian agar dapat menggeluti bisnis online.

Lewat upayanya dalam menggeluti bisnis online inilah, beliau sampai di titik kesuksesan dimana sebagai pembicara internet marketing ia menjadi kepercayaan banyak orang. Terutama pebisnis pemula yang ingin belajar sistem online.

7. Iqbal Maulana

Dalam era teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, sebuah ilmu dunia digital marketing menjadi sasaran utama pebisnis pemula untuk dapat mengembangkan usahanya itu. Dengan memanfaatkan strategi ini, maka bisnis akan mudah dikenali dan ditemukan oleh customer.

Dari konsep itulah Iqbal Maulana mendirikan PT Optima Digital Advertisa untuk dapat membantu pelaku UMKM, yaitu agar dapat memanfaatkan pemasaran secara online atau digital marketing terutama bagi mereka yang belum pernah mengiklankan jenis produk lewat digital seperti halnya di facebook.

Iqbal Maulana percaya bahwa dengan mengiklankan berbagai jenis produk ke Facebook atau sosial media lainnya, tentu saja akan memberikan dampak besar. Apapun yang dijual akan lebih mudah dikenal dan ditemukan para customer sehingga peluang untung jauh lebih besar.

8. Kevindze alias Husni Mubarok

Kevindze merupakan salah satu seorang pelopor pembicara internet marketing paling terkenal pada generasi keempat ini. Beliau juga menyediakan yang namanya konsultasi khusus bagi para pebisnis pemula, yakni untuk dapat memberikan arahan agar mengetahui bagaimana berbisnis secara online.

Kevindze juga dikenal sebagai seorang marketing consultant pada facebook. Oleh karena itu, banyak sekali masyarakat Indonesia yang antusias untuk belajar terkait digital marketing atau berbisnis secara online. Beliau memberikan ilmu terkait study case iklan kepada para pebisnis pemula.

Melihat antusias para masyarakat Indonesia terutama bagi pebisnis pemula, Kevindze semakin semangat untuk mengajarkan ilmu pengetahuan terkait digital marketing kepada khalayak luas. Itu berarti peluang pelaku usaha di dunia ini akan semakin besar.

9. Andre Artopia

Andre Artopia juga sama seperti pelopor yang lain, beliau menyediakan fasilitas atau layanan berupa belajar bisnis secara online bagi semua pebisnis pemula yang ingin mempelajari berbagai ilmu terkait digital marketing yang di zaman sekarang sangat banyak dilakukan oleh para pelaku usaha.

Beliau juga membuka kelas bisnis bahkan sudah memiliki grup di facebook dengan banyak sekali pengikut. Di sana Andre Artopia akan memberikan ilmunya tentang bagaimana cara agar dapat menghasilkan uang dari bisnis secara online. Anda pun bisa mengikuti kelasnya di grup facebook.

Dengan membuat grup kelas bisnis online, Andre Artopia mengaku ingin lebih memaksimalkan ilmu pengetahuan dalam bidang digital marketing agar khalayak luas terutama pebisnis pemula mengetahui cara mengoptimalkan usaha agar mendapatkan profit tinggi.

10. Berto Saksono Jati

Berto Saksono Jati adalah salah satu seorang yang sukses dalam bidang internet marketing, bahkan beliau telah menjadi owner SB1M dan kabarnya usianya sangatlah mudah serta belum berkeluarga. Semua kerja keras yang dilakukan selama ini tampaknya telah membuahkan hasil yang memuaskan.

Berkat kesuksesannya tersebut, Berto Saksono Jati disebut memberikan banyak inovasi kepada semua anak muda jaman sekarang untuk ikut berbisnis juga sepertinya. Awalnya beliau hanya memiliki keinginan fokus di dunia internet saja, akan tetapi semakin jauh muncul ide membuka bisnis online.

Memilih untuk berkutat dalam dunia internet marketing, Berto Saksono Jati mengaku ingin lebih memaksimalkan ajaran terkait dunia digital kepada khalayak luas, agar semakin banyak orang mengerti dan memahami bagaimana menjadi seorang pebisnis kekinian. 

V. Pembicara Internet Marketing Generasi Kelima

Pada generasi kelima ini, banyak pelopor pembicara internet marketing meningkatkan ilmu pengetahuannya untuk memberitahukan bahwa saat ini berbisnis secara online sangat menguntungkan dan akan lebih mudah lagi mendapatkan customer dari segala daerah.

1. Dewa Eka Prayoga

Sebagai pemula yang ingin berbisnis secara online pasti tak asing dengan nama Dewa Eka Prayoga ini. Beliau dikenal sejak usia 21 tahun telah menerbitkan banyak sekali buku best seller, bahkan ia dijuluki seorang milyuner. Dari kesuksesannya tersebut, semuanya dilakukan sendiri termasuk penjualannya.

Dewa Eka Prayoga melakukan penjualan atas buku-buku best sellernya secara pribadi, itu karena sejak kuliah ia sudah menyukai yang namanya berjualan. Awal mulanya, beliau membuka bisnis layanan bimbingan belajar hingga sekarang telah menjadi seorang pembicara internet marketing.

Beliau bahkan pernah mengisi berbagai macam pertemuan bisnis yang jauh kaitannya dengan internet marketing. Dewa Eka Prayoga memberikan ilmu pengetahuannya terkait dunia literasi kepada para penulis atau author di Indonesia hingga kini pengikutnya banyak.

2. Daeng Faqih

Anda juga pasti tak asing dengan nama Daeng Fiqih ini, beliau merupakan seorang trainer digital marketing yang memiliki keahlian dalam pemasaran secara online kepada usaha UMKM. Beliau memberikan satu poin penting, yaitu kunci sukses adalah harus sabar serta bermental pemenang.

Selain sabar, para pengusaha UMKM juga harus fokus hingga titik finish dan belajar. Jika ada kendala di tengah usaha jangan pernah menyerah dan membuat down. Justru saat itulah yang tepat untuk kembali bangkit serta menemukan cara alternatif agar usaha tersebut bisa naik kembali.

Daeng Fiqih telah membuat pengakuan bahwa menjadi seorang pebisnis tidak cukup modal kerja keras saja. Akan tetapi juga harus memikirkan strategi marketing agar dapat memancing banyak customer.

3. Faizal Alfa

Siapa yang tak mengenal dengan bapak satu ini, Faizal Alfa beliau merupakan seorang pendiri Bikinprofil Dot Com adalah salah satu perusahaan jasa dalam bidang company profile. Beliau menjadikan rumahnya sendiri sebagai tempat kerja internet marketing yang multifungsi, keren bukan?

Faizal Alfa yang merupakan lulusan dari FISIP atau fakultas ilmu sosial dan politik, kini menjadi seorang pelopor pembicara internet marketing yang paling banyak dicari. Beliau memiliki ilmu untuk disebarluaskan kepada khalayak terkait dengan bagaimana cara berbisnis secara online.

Dengan menyebarkan ilmu terkait internet marketing tersebut, Faizal Alfa telah membawa pebisnis pemula hingga sukses. Namun, di samping itu semua pastinya juga ada upaya tanpa kenal lelah dan terus berusaha dari pebisnis tersebut.

4. Army Al Gifary

Army Al Gifary merupakan seorang entrepreneur dari Indonesia yang telah terkenal karena ahli dalam dunia digital marketing. Beliau memiliki sebuah bisnis yang kini berkembang dalam waktu cukup singkat yaitu dengan cara beriklan lewat aplikasi facebook. Berkat kerja kerasnya bisnis itu sukses.

Beliau percaya bahwa dengan klik dari facebook akan berpotensi untuk dikonversikan menjadi pembelian, itu semua karena adanya fitur advanced targeting yang sudah disediakan sejak awal oleh pihak facebook tersebut. Army Al Gifary terus mengembangkan bisnisnya lewat facebook ads.

Semakin banyak masyarakat atau pebisnis pemula menggunakan cara seperti menjual produk di facebook, maka peluang mendapatkan keuntungan akan makin besar pula. Oleh karena itu, cukup gencarkan melakukan penjualan lewat online.

5. Tantan Hilyatama

Tantan Hilyatama dikenal sebagai seorang praktisi digital marketing, marketing funnel expert dan juga copywriter di kalangan digital product serta affilliate marketer. Melihat itu semua Anda sudah mengira betapa suksesnya beliau bukan? Ya, berkat kerja kerasnya itu beliau menjadi pelopor penting.

Awal mulanya beliau dikenal sukses karena melakukan product launch tepatnya di market internasional. Namun, sekarang berkat dengan kerja kerasnya itu Tantan Hilyatama mempunyai visi kuat yaitu untuk dapat menyebarkan ilmu terkait paham digital funnel serta marketing automation.

Beliau memilih untuk berkutat dalam dunia digital / internet marketing karena mengetahui bahwa, kehidupan masa kini sangatlah penting bagi pebisnis pemula memahami apa itu berbisnis secara online. Dengan begitu, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan keuntungan besar.

6. Gus Nana

Perlu Anda ketahui bahwa beliau memiliki jasa pembuatan website yang terkenal murah di daerah Jawa Timur bernama Gus Nana Networks. Ia merupakan tim kreatif dalam bidang pembuatan situs secara personal ataupun perseorangan serta melayani pasang iklan adwords di wilayah Surabaya.

Gus Nana kini dikenal sukses dalam bisnisnya yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan website. Bahkan, konsep yang ditawarkan pun cukup unik karena para tim pekerjanya akan memaksimalkan kinerja mereka, agar hasil situs tersebut dapat tembus pada halaman nomor satu di pencarian google.

Beliau percaya bahwa dengan memaksimalkan website yang dijadikan bahan dasar dalam penjualan produk ataupun jasa, maka akan banyak customer yang berkunjung melihat, membaca bahkan mempertimbangkan untuk membeli.

7. Denny Santosa

Siapa yang tak mengenal pria sukses satu ini? Denny Santosa merupakan seorang entrepreneur, pembicara penting, konsultan bisnis, penulis bahkan seseorang yang memiliki reputasi tinggi terkait digital marketing. Beliau mengakui bahwa sangat menyukai mengajarkan banyak ilmu tentang itu.

Beliau memulai karirnya tepat pada tahun 1999, tak heran bahkan hingga saat ini Denny Santosa sudah cukup ilmu dan kini menyukai mengajarkan banyak hal terkait ilmu digital marketing ke khalayak luas. Itu karena ia ingin memberitahukan bahwa konsep bisnis online itu sangatlah penting.

Bisnis dengan membawa konsep online tentu saja sangat penting di masa sekarang, mengingat perkembangan teknologi semakin berkembang. Hal tersebut menuntut para pebisnis pemula untuk membuat strategi marketing yang cukup menarik.

8. Anton Harimawanto

Anton Harimawanto merupakan seorang pembicara internet marketing paling berpengaruh pada generasi kelima, beliau juga lulusan sarjana komputer. Tak heran, jika ilmunya sudah cukup memadai untuk membagikan kepada khalayak luas terkait pentingnya bisnis secara online atau digital marketing.

Dari sekian banyak pelopor di generasi kelima, Anton Harimawanto juga memiliki visi dan juga misi yang kuat. Yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada khalayak luas betapa pentingnya belajar digital marketing terutama untuk kepentingan bisnis di zaman yang sudah canggih seperti sekarang.

Dengan memberitahukan ilmu terkait digital atau internet marketing kepada khalayak luas, itu berarti akan semakin banyak peluang keuntungan yang didapatkan oleh para pebisnis pemula agar usahanya semakin berkembang.

9. Tommy Arno Funz

Tommy Arno Funz merupakan seorang praktisi bisnis online yang saat ini sangat banyak digemari pebisnis pemula. Bahkan beliau telah memiliki website resmi sendiri dengan berbagai konten menarik seperti halnya membuka kelas investasi, kelas akademi Faceboook bahkan ada modulnya juga.

Begitu suksesnya Tommy Arno Funz sehingga banyak sekali pebisnis pemula yang ingin menerapkan sistem secara online mengikuti kelasnya. Bahkan pembayaran di kelas tersebut diberi potongan harga jadi terlihat lebih murah dari pada sebelumnya. Tak heran jika ia menjadi pelopor.

Sebagai seorang pembicara internet marketing yang dikenal banyak orang, Tommy Arno Funz dikenal dengan cara mengajar ilmu tersebut dengan cara yang cukup menarik. Banyak masyarakat yang menyukai proses mengajarnya karena mudah dipahami.

10. Bramantya Farid

Bramantya Farid, seorang pelopor pembicara yang pernah memenangkan juara kontes SEO (Search Engine Optimization) terbesar di dunia. Bahkan beliau juga dikenal dalam komunitas berupa internet marketer dan dijadikan langsung sebagai foundernya. Itulah mengapa beliau sesukses ini.

Awal mula sebelum sesukses ini, beliau pernah terjun ke dalam dunia blogger di tahun 2009 bahkan pernah mengikuti seminar terkait internet marketing. Dari situlah Bramantya Farid semakin tertarik dan memilih untuk menekuni ilmu terkait dunia internet marketer hingga ia sukses seperti saat ini.

Dari sini terlihat jelas bahwa menjadi seseorang yang sukses itu butuh kerja keras dan pengalaman hingga merasakan jatuh bangun berkali-kali. Dengan begitu, Anda bisa membuat cara baru atau strategi marketing agar banyak customer mengunjungi bisnis yang dirintis.

11. Dodiana Kusuma

Ada pula pelopor bernama Dodiana Kusuma, beliau merupakan salah satu pembicara penting yang selalu membahas terkait dunia internet marketing kepada khalayak luas, terutama bagi pebisnis pemula yang ingin melancarkan usahanya dalam sistem online. Beliau bersedia untuk membantu.

Berkat kesuksesannya sekarang, makin banyak orang mempercayakan ilmu yang disebarkan olehnya sangat ampuh dan terbukti nyata. Beliau memiliki visi dan misi untuk memberitahukan kepada khalayak luas betapa penting mereka mengetahui internet marketing.

Dari internet marketing itulah, para masyarakat atau pebisnis pemula yang masih awal dengan dunia digital akan mengetahui bahwa bisa mendapatkan uang dari sana. Tentu saja hal ini akan membawa banyak keuntungan atau profit besar.

12. Muri Handayani

Muri Handayani merupakan seorang wanita karir yang kini telah sukses membuktikan usahanya yaitu menciptakan sekolah bisnis. Beliau memiliki tujuan bahwa seorang ibu rumah tangga itu tak hanya mengurusi kehidupan dalam rumah saja, akan tetapi dapat meneruskan jenjang karir selanjutnya.

Itulah mengapa Muri Handayani membuat usaha berupa sekolah bisnis agar semua ibu rumah tangga bisa menyalurkan bakatnya atau keinginannya berjualan secara online di kelas yang dia ajar. Meskipun beliau sibuk dalam bisnisnya sendiri, akan tetapi ia masih rela mengajar di sekolah itu.

Dengan mengaku sebagai hobi dalam dunia digital atau internet marketing, Muri Handayani bahkan rela berbagi kesibukan menjadi seorang pembicara serta pemateri yang membawakan banyak dampak positif bagi para pebisnis pemula.

13. Isah Kambali


Bagi Anda yang bingung bagaimana cara belajar internet marketing secara mudah, mulai dari mana, atur jadwal hingga masalah budget sekalipun, Isah Kambali akan memberikan beberapa tipsnya untuk para pebisnis pemula yang sungguh-sungguh ingin belajar terkait digital marketing tersebut.

Bagi Isah Kambali, hal tersebut bisa dipelajari secara runtut dan sabar karena yang namanya belajar itu tidak pernah ada kata instan. Perlu pembiasaan diri terlebih dahulu seperti halnya dalam pembelajaran terkait SEO (Search Engine Optimization), google ads, internet market dan lain-lain.

Dengan kepercayaannya terkait dunia digital dalam memaksimalkan keuntungan atau profit besar, maka akan semakin banyak para pebisnis mengikuti jejaknya. Sebab, merasa tergugah untuk mencoba bisnis secara online.

14. Hermas Puspita

Mengingat bahwa pentingnya bisnis online di zaman seperti sekarang ini, membuat para pebisnis harus memiliki strategi marketing yang baru agar customer tetap berada dalam jangkauan. Hal inilah yang dipikirkan oleh Hermas Puspita sebagai seorang pelopor penting / pembicara internet marketing.

Beliau bahkan mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna internet aktif. Dengan hal tersebut itu berarti bisa dijadikan market yang potensial dalam mengembangkan suatu usaha bisnis. Hermas juga berkata modal bisnis secara online berpeluang lebih baik daripada jenis offline.

Itu karena perkembangan teknologi di zaman sekarang ini sangatlah meningkat secara pesat, hal inilah yang melatar belakangi mengapa banyak sekali strategi marketing dengan menggunakan cara atau sistim online.

15. Tri Widayanti

Salah satu pelopor bisnis internet marketing selanjutnya ialah Tri Widayanti. Beliau juga sama seperti rekan lainnya, bekerja dengan memberikan arahan pasti kepada para pebisnis pemula yang ingin memaksimalkan usahanya, yakni secara online agar diketahui atau dikenal oleh banyak khalayak luas.

Tri Widayanti pernah berkata bahwa belajar internet marketing itu sangatlah mudah dilakukan. Asal sebagai pebisnis mau terus belajar tanpa kenal lelah dan selalu berdoa kepada Tuhan. Jika saja Tuhan belum berkehendak Anda sukses, mau bagaimana lagi. Cukup coba saja hingga berhasil.

Dari perkataannya tersebut apalagi sebagai pembicara internet marketing, beliau dipercaya oleh banyak orang jika yang namanya berbisnis harus mampu mengenal kata sabar serta selalu berdoa kepada Tuhan dengan kepercayaannya masing-masing. Alhasil bisnis akan berjalan lancar. 

VI. Pembicara Internet Marketing Generasi Keenam

Generasi keenam ini semakin banyak pelopor atau pembicara internet marketing yang mulai mendedikasikan diri mereka untuk dapat mengajarkan hal penting terkait dunia digital kepada khalayak luas, terutama bagi pebisnis pemula yang ingin memaksimalkan usaha secara online.

1. Didik Arwinsyah

Pembicara internet marketing selanjutnya datang dari Didik Arwinsyah, beliau merupakan salah satu pelopor penting dalam dunia digital. Tak hanya itu saja, ia dikenal sebagai seorang trainer internet marketing, pembicara nasional di Yogyakarta, pengajar aktif dalam bisnis online dan di IMC.

Beliau juga merupakan entrepreneur sukses yang kini telah banyak memiliki pengaruh bagi khalayak luas. Salah satunya untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan terkait bisnis secara online. Bahkan Didik Arwinsyah juga ahli dalam bidang SEO.

Keahliannya dalam bidang SEO (Search Engine Optimization) ini membuatnya menjadi seseorang pembicara internet marketing yang terkenal. Bahkan para pebisnis pemula mengandalkan cara atau strategi marketingnya.

2. Rizky Pahlawan

Rizky Pahlawan juga merupakan salah satu dari banyaknya pelopor yang menyebarluaskan ilmu pengetahuan terkait internet marketing. Beliau memiliki tutorial atau tips bagaimana caranya jualan online dengan cara cukup sederhana dan juga mudah. Biasanya banyak orang selalu menanti kelasnya.

Selain itu, juga memberikan beberapa pengetahuan terkait apa saja jenis penghasilan yang bisa didapatkan dalam internet marketing. Tak heran jika pebisnis pemula sekalipun menyukai cara pengajaran Rizky Pahlawan, ia mengajarkan semua itu dengan rasa percaya diri dan sangat detail.

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin berkembang, membuat Rizky Pahlawan juga semakin gencar mengajarkan kepada khalayak luas bahwa belajar digital / internet marketing itu sangatlah penting dan pastinya akan mendapatkan keuntungan besar.

3. Christine Lie

Salah satu pelopor wanita yang kini telah sukses dalam bisnis fashion secara online yaitu Christina Lie. Beliau juga merupakan seorang founder di 101red.com, yakni sebuah platform yang banyak menyediakan berbagai macam produk untuk kemudian dijual secara online lewat sistem reseller.

Tak hanya itu saja, Christina Lie juga dikenal sebagai seorang pembicara aktif dalam bidang internet marketer dan telah banyak membagikan ilmunya lewat facebook dan juga youtube. Beliau berbagi ilmu edukasi bisnis yang cukup inspiratif dengan cara menampilkan interview bersama pengusaha.

Tidak heran jika Christine Lie ini dipercaya dan disukai oleh banyak orang, mengingat kecerdasan dan berkat kerja kerasnya yang mampu menginspirasi pebisnis pemula. Itulah mengapa beliau memilih untuk berkutat dalam dunia digital supaya bisa mengajarkan ilmu tersebut kepada khalayak.

4. Welliyan Tanoyo

Welliyan Tanoyo merupakan seorang praktisi market place sekaligus merangkap sebagai pembicara internet marketing terbaik di Indonesia. Beliau juga telah menerbitkan sebuah buku juragan marketplace dengan isi berkaitan langsung dengan digital market atau bagaimana cara belajar internet.

Tak heran jika Welliyan Tanoyo berhasil meraih sukses dalam bidang internet marketing. Karena memang beliau telah mengajarkan banyak ilmu terkait dengan program digital, supaya para pebisnis pemula akan selalu memiliki strategi marketing atau penjualan agar banyak customer datang.

5. Latif Setiawan

Dalam perkembangan teknologi canggih seperti sekarang ini, bahkan sektor bisnis pun ikut merasakan dampaknya. Banyak pelaku usaha atau pebisnis harus memiliki strategi marketing baru yang dijalankan secara online, seperti misalnya saja mempublikasikan produk ke dalam instagram.

Inilah yang membuat aplikasi instagram menjadi salah satu pilihan banyak pebisnis apalagi pemula. Dengan ini, Latif Setiawan membuka kelas dalam bidang digital marketing untuk memberitahukan bagaimana cara memaksimalkan penjualan lewat online seperti halnya mempublikasikan ke sosmed.

6. Metri Gomet Pijiarto

Begitu pula dengan Metri Gomet Pijiarto, beliau juga sama seperti rekan-rekan sebelumnya yang menjadi pembicara internet marketing paling berpengaruh di Indonesia. Tak hanya itu saja, ia memiliki kelas untuk dapat berbagi ilmu pengetahuan terkait digital marketing di komunitasnya.

Dengan adanya kelas online tersebut, Metri Gomet Pijiarto semakin antusias mengajarkan ilmu pengetahuan terkait digital marketing. Apalagi pendaftar dari berbagai kalangan seperti pebisnis pemula juga semangat untuk ikut kelas tersebut, meskipun rintangan menghadang usaha mereka.

7. Erdy Al Qudsy

Erdy Al Qudsy juga merupakan salah satu pembicara internet marketing terkenal di Indonesia, beliau memiliki kelas mentoring dominasi di youtube. Di sana beliau akan mengajak para pebisnis pemula agar dapat memaksimalkan strategi marketing supaya usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Visi dan misi dari sharing bisnis online milik Erdy Al Qudsy ialah berkomitmen untuk membantu para pebisnis pemula agar bisnisnya menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya. Anda bisa menghubungi atau mengikuti kelas online langsung lewat aplikasi Facebook / website resminya. 

VII. Pembicara Internet Marketing Generasi Ketujuh

Tepat di generasi ketujuh ini, pelopor atau pembicara internet marketing semakin banyak dibutuhkan. Mengingat pertumbuhan dalam dunia digital makin berkembang dari tahun ke tahun dan bahkan para pelaku bisnis memilih untuk memulai usahanya dapat dijalankan dengan menggunakan sistem online.

1. Nicko Julius


Nicko Julius merupakan salah satu seorang praktisi digital marketing yang telah berpengalaman. Dikarenakan beliau sudah berkecimpung lama dalam dunia tersebut sejak tahun 2014. Tak hanya itu saja, beliau juga menjalankan bisnis seperti affiliate marketing, digital market agency dan news blog.

Nicko Julius memilih untuk tetap aktif dalam belajar dan juga akan memberikan sebagian ilmu pengetahuannya terkait internet. Kemudian ada juga digital marketing kepada khalayak luas baik itu dilakukan lewat platform secara online atau bahkan workshop serta seminar.

Dengan upayanya itu, akan semakin banyak masyarakat atau pebisnis pemula mengetahui strategi pemasaran atau marketing yang mampu menghasilkan sebuah keuntungan maupun profit besar (jika dijalankan dengan kerja keras).

2. Septian Bramandita

Kemudian ada Septian Bramandita yang juga merupakan seorang spesialis di bidang digital marketing bahkan berprofesi sebagai content creator, entrepreneurship. Beliau banyak menorehkan prestasinya, tak heran jika saat ini ia menjadi orang yang paling berpengaruh dan dicari khalayak.

Septian Bramandita juga membuka kelas online seperti rekan-rekan di generasi sebelumnya. Di dalam kelas tersebut, beliau banyak mengajarkan ilmu penting yang berkaitan dengan internet atau digital marketing. Banyak para pebisnis pemula yang ikut hadir demi mendengarkan tips dan cara.

Dengan membuka kelas online seperti itu, Septian Bramandita mengaku ingin memberikan pengarahan secara luas terkait dunia digital atau internet marketing. Tujuannya, agar pebisnis pemula dapat memaksimalkan usahanya hingga mampu mendapatkan profit besar.

Dari penjelasan secara rinci yang telah disebutkan terkait regenerasi pembicara dan guru internet marketing indonesia di atas, semoga Anda bisa mendapatkan gambaran dan informasi menari.



Posting Komentar untuk "Regenerasi Pembicara dan Guru Internet Marketing Indonesia"

Berlangganan via Email