Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Menjadi Kaya Oleh Dini Fitriyah

Kaya kok latihan. Buat apa? Eittss. Kaya juga perlu latihan. Kenapa? Banyak orang yg tadinya miskin, trus kaya, karena ga "bisa" caranya jd orang kaya, akhirnya miskin lagi. 

Saya sering baca status, "Kalau ada yg ngasih uang 100jt, mau bisnis apa?" Atau "Kalau punya uang 1Milyar, mau buat beli apa aja?" 

Banyak yg jawab, buat beli rumah, bisnis, sisanya buat sedekah. Ada lagi yg jawab, buat naik haji sekeluarga, dan beli mobil.

Saya juga pernah ikutan jawab. Tapi dengan cara yg berbeda. Saya nulis di buku, andai sy punya uang 2Milyar. Sy tulis dengan rinci untuk apa saja uang itu, berikut dengan jumlah2nya.

Misalnya, beli rumah 1M, Isi rumah (furniture, AC, alat dapur, dll dirinci juga) 50jt. Beli Mobil 120jt. Tabungan pendidikan anak 100jt. Investasi 100jt. Jalan2 30jt, tabungan 200jt. Modal usaha 300jt, kasih ortu sekian, sedekah sekian, anak yatim sekian, dan seterusnya. Saya menulis ini benar2 disesuaikan.
 
Misalnya, rumah di kota Bandung yg ga kecil2 amat dan sederhana yg saya mau harganya max 1M. Beda lokasi beda kota, beda harga. Kalau di kampung ya mungkin bisa jauh lebih murah. Harga mobil bekas yg saya mau, yg ga jelek2 amat, ga jadul2 banget. Modal usaha juga disesuaikan dengan bussines plan yang sudah saya buat. Modalnya pun udah di rinci buat apa aja. Investasi pun udah mikir kemana aja.

Waktu nulis itu sy fikirkan dengan serius seolah2 uangnya ada. Sampe diketawain suami, "Ngehayal aja!" Katanya.

Lucunya, angka2 itu sering saya revisi. Ah kayaknya mobilnya kemurahan, tambahin ah. Atau jalan2nya kurangin ah. Yg deket2 aja. Revisi itu membuat sy jd sering membaca ulang rencana2 hayalan itu. Saya juga kadang ketawa aja dalam hati. Ngapain sih gw? Iseng amat nganggarin duit yg ga ada 🤣
Sampai akhirnya saya benar2 pernah pegang uang hampir 2M.

Karena sebelumnya sudah pernah berhayal merinci buat apa aja duitnya, sehingga ga ada anggaran sama sekali buat beli baju, tas, barang2 mewah atau sesuatu yg ga butuh2 banget. Sy juga nulis sedekah itu realistis, yg bener2 kalau pas ada duitnya memang sy sanggup keluarin. Ga asal jeplak. Kenapa? Karena yg bilang mau disedekahin 50% itu kalau pas duitnya ada, bisa jadi berubah.

Ternyata, Uang 2M itu sedikit. sehingga sy merasa ga pantas foya2 beli ini itu yang ga bener2 butuh atau berguna. Apalagi sampe sombong dan sok kaya. Punya 2M itu buat saya belum bebas financial. Jd lebih ke mikir, gimana duit segini bisa terus berkembang dan bisa bermanfaat seumur hidup.

Jadi, ga aneh kalau ada kejadian kayak di Tuban yg tanahnya di jual ke Pertamina. Punya duit bermilyar2, akhirnya habis dan ada yg kembali miskin. Karena jadi kaya juga ga mudah. Butuh ilmu. Banyak orang yg pengen kaya, tapi ia ga siap jadi orang kaya.

Maka, kalau temen2 mau kaya, pastikan miliki ilmunya. Minimal, ya latihan dulu. Siapa tau suatu hari bener2 Allah wujudkan, dan kita udah bener2 siap menghadapinya. Ga bingung lagi duitnya mau dipake apa.
Ah ngapain? Cuma berhayal.

Jangan lupa, banyak hidup yg Allah wujudkan yg berasal dari hayalan yang kadang tidak kita sadari. Semangat maaakk. Selamat berhayal 💪


Hidup berkah rezeki berlimpah
Dinii Fitriyah
Foto terbuat dari pemanis buatan

==============
Anda juga mau latihan menjadi kaya?

Belajarlah di Kampus Dosen Jualan

Kata Kunci Terkait : tips menjadi kaya di usia muda, tips menjadi kaya raya, tips menjadi kaya menurut islam, tips menjadi kaya dan sukses, tips menjadi kaya dalam islam, tips jadi kaya cepat, tips menjadi orang kaya, tips menjadi orang kaya dan sukses, tips sukses menjadi kaya, bagaimana tips menjadi kaya


Posting Komentar untuk "Latihan Menjadi Kaya Oleh Dini Fitriyah"