Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembicara Seminar Digital Marketing Dosen Jualan

Pembicara Seminar Digital Marketing, saat ini menjadi profesi yang banyak peminatnya. Peminatnya adalah perusahaan untuk pembinaan timnya, agar penjualan naik performanya. Juga banyak peminat dari kalangan profesional trainer, semua berminat karena saat ini profesi lagi basah dan banyak cuannya.

Pembicara Seminar Digital Marketing Dosen Jualan

Kenapa Demikian?

Karena hampir semua instansi pemerintah, juga perusahaan swasta dan UMKM. Bahkan, kampus dan sekolahan juga mengadakan seminar ini. Rata-rata, mereka mengadakan seminar seperti ini hingga 2 kali per tahun. Belum lagi komunitas bisnis, komunitas profesi dan hobbies juga mengadakan seminar yang sama. Semua butuh ilmu digital marketing, karena memang pasar menghendaki itu. Masyarakat sekarang lebih gandrung belanja online, memilih bertransaksi secara online daripada belanja secara tatap muka.

Dengan pengalaman menjadi Pembicara Seminar Digital Marketing sejak 2012, penulis akan membagikan wawasan seputar seminar digital marketing di artikel ini. Di Indonesia, sebelum tenarnya istilah digital marketing seperti sekarang ini. 

Kita lebih dahulu mengenal istilah Jual Beli Online di kisaran tahun 2007, itu adalah eranya KasKus dan Twitter. 2010 muncullah istilah Internet Marketing yang era itu hadirlah Milist Yahoo dan Blogger. 2012 muncullah istilah baru, yakni Online Shoping dengan munculnya Facebook dan Olx, Toko Bagus, Berniaga dan lainnya. 

4 tahun kemudian, tepatnya di 2016 kita mengenal istilah Business Online, seiring dengan munculnya Instagram, Bukalapak, Line, Line@ dan BBM, Shopee, Tribun Jual Beli dan lainnya. Kini, sejak 2010 kita lebih banyak mengenal Digital Marketing, sebuah revolusi dalam dunia jualan online dengan makin banyak dan beragamnya model bisnis. Ragam model bisnis itu bisa ditemui pada model promosinya, model transaksinya, model pengirimannya, hingga pembayarannya. Era ini sejalan dengan munculnya WhatasApp, Tik Tok, Go Food dan sejenisnya. 

Jasa Pembicara Digital Marketing

Terus berubahnya istilah dan pola tersebut, bagi orang awan tentu menjadi hal yang rumit. Mereka kelimpungan untuk mengejar dan menyesuaikan diri. Tapi bagi mereka yang sudah paham seluk beluk dan polanya, ini bukanlah masalah besar. Sayangnya antara yang paham dan tidak paham ini ternyata lebih banyak yang tidak paham, lebih banyak kaum awan. Dalam dunia digital marketing kaum awam ini disebut kaum gaptek, gagap teknologi. 

Untuk menjembati dua kesenjangan ini, maka muncullah banyak seminar, pelatihan, workshop dan mentoring berbau digital marketing. Baik itu seminar terbatas, maupun seminar yang terbuka untuk umum. Baik yang sifatnya probono alias gratis, maupun yang berbayar. Dari yang bayarannya seikhlasnya hingga yang bayarannya puluhan juta. Tentu masing-masing memiliki alasan dan segmen peminat yang berbeda.

Penulis sendiri termasuk orang yang hadir di tengah kebutuhan itu, dengan mengadakan Seminar Digital Marketing di lebih dari 78 kota di seluruh Indonesia. Latar belakang penulis sebagai pengajar / dosen selama 14 tahun (1998-2012) di berbagai lembaga pendidikan dan forum adalah bekal tersendiri. Masih juga ditambah pengalaman lapangan pernah jualan pasar malam dan kaki lima, menjadi penulis berani muncul ke atas panggung dengan Jasa Pembicara Digital Marketing. Terlebih penulis memang adalah praktis digital marketing sejak 1998, dimulai dengan menjual puisi kata cinta di aplikasi chating MIRC dan Milis Yahoo Group. Berlanjut jualan sandal lucu di Facebook di tahun 2009. Alhamdulillah, dua pekerjaan itu berjalan beriringan, baik jualan sendiri maupu menjadi pembicara digital marketing. Berjalan berdampingan dengan dinamikanya masing-masing.

Dalam menjalani profesi dengan Jasa Pembicara Digital Marketing itu, penulis tampil di pangung dengan brand Dosen Jualan, Dosen yang nyambi Jualan. Hadirnya Dosen Jualan di ratusan seminar itu terjadi karena banyaknya undangan dari banyak pihak. Adapula atas hasil kerjasama dengan banyak Event Organizer di 12 kota di Indonesia. Ada juga yang terselenggarakan secara mandiri bersama tim internal di Kampus Dosen Jualan. 

Judul Seminar Digital Marketing

Dari pengalaman panjang tersebut, Dosen Jualan telah berbagi pengalaman, ilmu, trik dan wawasan Digital Marketing dengan berbagai tema dan judul. Tema dan judul bisa berbeda sesuai dengan pengundang dan peserta seminar yang Instansi pemerintah biasanya lebih sering request materi tentang bagaimana digital marketing, mampu menyampaikan kampanye pemerintah ke masyarakat. Perusahaan swasta request materi bagaimana meningkatkan penjualan, meningkatkan kampanye branding.

Sementara kegiatan Kampus dan Mahasiswa lebih sering request materi yang mensemangati mereka untuk memulai bisnis dan penguatan mental pebisnis. Para business owner secara pribadi, biasanya butuh materi yang membuka wawasan mereka baik dalam tataran mindset, mental hingga tehnis. Ada juga instansi yang ketika mengundang Dosen Jualan berbagi untuk kepentingan orang lain. Mereka biasanya adalah Komunitas Hobbi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Komunitas Bisnis, Komunitas Profesi. Ada juga Kementerian, Lembaga Negara, Organisasi Masyarakat, Organisasi Bisnis, hingga Organisasi Kedaerahan. Biasanya mereka bikin acara seminar ini untuk kepentingan para anggota mereka atau UMKM binaan mereka. Muaranya adalah peningkatan omset bisnis mereka.

Arah dan tujuan dari seminar tersebutlah yang biasanya menjadi dasar panitia menentukan judul seminarnya. Lebih seringnya para pelaksana, panitia acara meminta saran judul seminar dari Dosen Jualan. Hal ini tentulah sangat wajar, karena sejatinya Dosen Jualanlah yang paham dinamika yang digital marketing di masyarakat saat ini. Contoh Judul Seminar tersebut bisa Anda simak dalam artikel lainnya dalam website ini. Silahkan klik link ini ==> Judul Seminar Digital Marketing.

Tor Webinar Digital Marketing

Seminar sendiri tidak harus dalam format tatap muka, tapi saat ini sudah lazim seminar dibuat dalam format online. Format seminar online ini terkenal dengan nama Web Seminar disingkat Webinar. Judul seminar atau webinar yang disepakati pembicara dan panitia, selanjutnya oleh panitia dibuatkan TOR materi. Sebagai panduan bagi pembicara, tujuannya agar pemaparan materinya sesuai dengan kebutuhan peserta, tidak melenceng kemana-mana. TOR adalah singkata Definisi Term of Reference, berisi penjelasan lengkap mengenai landasan, tujuan, dan struktur materi seminar. TOR juga bermuatan kesepakatan, jadwal seminar, run down seminar, dan catatan lainnya. Dalam Bahasa Indonesia, TOR memiliki padanan sebagai Kerangka Acuan Kerja (KAK0 atau Kerangka Acuan Seminar (KAS). TOR sendiri tersusun menurut kaidah 5W+12H, yakni What, Why, Who, When, Where, How, dan How Much. 

Struktur TOR Webinar Digital Marketing

Untuk seminar atau Webinar Digital Marketing biasanya dokumen TOR terdiri dari :

  1. Latar Belakang Seminar
  2. Nama atau Judul Seminar
  3. Pelaksana Seminar
  4. Tujuan Seminar untuk Panitia
  5. Tujuan Seminar untuk Peserta
  6. Jadwal dan Susunan Acara
  7. Pointer materi yang harus disampaikan oleh pembicara

Dosen Jualan telah membuatkan contohnya buat Anda. Contoh TOR Webinar Digital Marketing, <== klik aja link sebelah kirim ini, semua untuk Anda. 

Profesi sebagai pembicara seminar, pelatihan, training dan workshop bagi Dosen Jualan sangatlah menyenangkan. Selain mendatangkan rupiah, juga mendapatkan popularitas, peluang bisnis, circle baru dan tentu saja mendapatkan wawasan dan pengalaman baru. 

Anda tertarik juga menjadi Pembicara Seminar Digital Marketing, atau Pembicara Webinar Entrepreneur atau Pembicara Entrepreneur Muda. Ada juga pilihan sebagai Pembicara Internet Marketing, Pembicara Ekonomi Digital, Coach Digital Marketing atau menggelari diri Anda menjadi Bapak Digital Marketing. Tentu semua boleh-boleh saja, tapi pastikan diri Anda adalah juga seorang praktisi, punya bisnis dalam dunia digital marketing. Punya keterampilan, keilmuan, wawasan dan kemampuan mengajarkannya. Salam Sukses, sampai ketemu di atas panggung pembicara. 

Diskusikan kebutuhan Seminar dan Webinar Digital Marketing Anda bersama Dosen Jualan dan Tim, langsung kontak saja ke ==> Admin Dosen Jualan atau via Telepon dan WA di 081 327 087 397.


Posting Komentar untuk "Pembicara Seminar Digital Marketing Dosen Jualan"