Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran Online untuk Biro Travel Haji

Travel Umrah Terpercaya

Ada banyak jenis bisnis jasa dewasa ini. Ada jasa yang berkaitan dengan transportasi, ada pula yang kaitannya dengan pelayanan kesehatan. Pasca pandemi covid-19, bisnis transportasi dan akomodasi berkembang pesat. Penyebabnya adalah arus manusia yang sebelumnya tertahan social distancing kemudian membludak setelah virus dan pandemi mereda. Salah satu bisnis yang mendapatkan impact dari perubahan ini adalah bisnis biro travel haji. Artikel ini secara lebih jauh akan membahas tentang pemasaran online untuk biro travel haji. 


Tahun kemarin adalah tahun di mana haji untuk pertama kalinya dibuka kembali setelah sebelumnya 3 tahun harus dihentikan untuk sementara waktu. Para pebisnis biro travel haji yang sebelumnya ‘berpuasa’ selama beberapa saat, kini sudah bisa berbuka puasa meraup untung. Namun jangan cepat berbahagia dengan kabar ini. Sebab konon beritanya, sudah terdapat perubahan habits customer ketika mencari informasi mengenai biro travel haji. Untuk itu bagi anda yang ingin bisa bersaing lagi harus tahu cara pemasaran online untuk biro travel haji. 

Oleh karena itu tulisan ini akan bahas perubahan habits customer, alasan mengapa harus segera go online, manfaat pemasaran online, serta teknik pemasaran online untuk biro travel haji. Berikut untuk uraian lengkapnya. 


Bisnis Biro Travel Haji

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa ada perubahan habits dari customer biro travel haji setelah pandemi berakhir ini. Jika dahulu orang yang ingin atau berencana pergi haji selalu mencari jasa lewat kenalan, maka sekarang banyak orang lebih memilih mencari sendiri lewat internet. Memang internet menjadi sumber informasi baru bagi orang di saat masa pandemi kemarin. Hal itu terbawa hingga sekarang, sampai-sampai untuk mencari jasa dan pelayanan yang dibutuhkan maka orang lebih memilih memanfaatkan internet. 

Bisnis biro travel haji dan umroh saat ini kecenderungannya sudah beralih ke online semua. Walaupun begitu teknik yang dipakai juga masih belum canggih sehingga trust customer kepada biro tersebut belum terbangun. Di sini kita akan bagikan beberapa tips pemasaran online untuk biro travel haji sehingga customer semakin percaya kepada jasa anda. 


Mengapa Biro Travel Haji Harus Go Online?

Walaupun saat ini para pebisnis travel haji sudah banyak yang berubah ke online, tapi itu belum semuanya. Barangkali satu diantara yang belum go online itu apakah anda? Jika ya, maka anda bertemu dengan website yang tepat. Sebab di sini akan bahas secara mendalam bagaimana pemasaran online untuk biro travel haji. Sebelum itu simak dulu mengapa biro travel haji anda harus go online berikut ini. 

  1. Agar Bersaing dengan Kompetitor

Jelas tujuan utama dari go online atau memakai pemasaran online untuk bisnis adalah agar kita bisa bersaing dengan kompetitor. Saat ini semakin banyak berdiri travel haji yang baru setelah sebelumnya banyak juga yang bangkrut akibat pandemi. Guna mengatasi banyaknya kompetitor tersebut maka anda harus selangkah lebih maju dengan teknik digital marketing. Jika lainnya memakai fb ads dengan budget iklan sejuta per bulan maka anda harus di depan mereka dengan memakai budget dua juta dan seterusnya. Namun sebelum menaikkan budget tersebut anda harus tahu dulu bagaimana pemasaran online untuk biro travel haji yang tepat. 

  1. Menjawab Tantangan Zaman yang terus berubah

Jelas saat ini zaman semakin cepat berubah. Penerapan pemasaran online dalam bisnis biro travel haji sangatlah penting. Sebab dengan turut menerapkan marketing digital ini, maka anda turut menjawab tantangan zaman yang terus berubah. Jika anda tak terbiasa menjawab tantangan zaman maka bisnis anda lebih cepat turun omsetnya dan akhirnya tergulung dengan kompetitor yang ada. 


Manfaat Pemasaran Online untuk Biro Haji

Setelah satu mengapa pemasaran online penting untuk biro travel haji,mari kita simak apa saja manfaat yang anda peroleh ketika  menerapkan pemasaran online secara masif dan simultan. 

  1. Menspesifikasikan Target Market

Dengan menggunakan digital marketing, maka anda bisa menspesifikkan target market anda. Bayangkan jika anda masih memakai brosur untuk pemasaran jasa biro haji anda. Jelas hal itu sulit menarget market yang spesifik dan benar-benar hendak berangkat haji. Tapi jika anda memakai teknik facebook ads misalnya, maka kampanye anda bisa disetting secara detail audiensnya. Inilah kelebihan dari pemasaran online yang tak dimiliki teknik marketing konvensional. 

  1. Meminimalisir Biaya Marketing

Lalu manfaat lain jika anda memakai digital marketing untuk bisnis biro haji, adalah bisa meminimalisasi biaya atau budget marketing. Misalnya anda harus mempekerjakan sales sebanyak 4 orang untuk menarget customer. Tentu pengeluaran untuk menggaji keempat karyawan tersebut tak sebanding dengan hasil lead yang masuk. Alangkah baiknya jika empat orang karyawan tersebut menghandle digital marketing. Jelas lead yang masuk bisa dua hingga tiga kali lipat dari pemasaran konvensional. 

  1. Meluaskan Jangkauan Pemasaran

Dengan pemakaian digital marketing untuk biro travel haji, maka jangkauan pemasaran semakin luas lagi. Bahkan anda tidak hanya bisa menarget orang di kota anda melainkan bisa meluas hingga keluar kota. Bahkan anda bisa juga mendapatkan customer dari luar provinsi. 


Teknik Pemasaran Online untuk Biro Travel Haji

Setelah itu mari kita simak apa saja teknik pemasaran online untuk biro travel haji yang kiranya dapat anda coba. Beberapa teknik ini hanya kita bahas secara selintas saja, untuk detail teknisnya akan dibahas di lain waktu. 

  1. Melalui Website

Website adalah alat pemasaran online yang bisa menarget mesin pencari, seperti google atau yahoo. Dengan memakai website untuk narget customer di mesin pencari maka itu menjadi sebuah investasi yang besar. Sebab sekali saja website anda hadir di halaman awal mesin pencari maka untuk tahun tahun ke depan bisa dipastikan hal itu akan bertahan. Sehingga bisa mendatangkan lead yang istiqomah untuk bisnis anda. 

  1. Melalui Iklan Berbayar di FB dan Google

Anda juga bisa memakai iklan berbayar di FB dan google. Kalau beriklan di google, maka landing page atau kampanye anda akan diprioritaskan untuk ditampilkan ketika ada yang mencari. Sedangkan untuk iklan FB biasanya kampanye anda akan tampil di FB dan instagram. Kelebihan dari iklan di FB adalah kita dapat menentukan audience dari kampanye. 

  1. Melalui Iklan Tiktok

Lalu yang tak boleh anda tinggalkan adalah pemasaran biro travel haji dan umroh melalui video tiktok yang ditautkan ke iklan. Sekarang tiktok sudah menjadi basis sosial media yang besar. Jika anda hendak mencari customer dari sana maka harus pandai pandai dalam membuat video kampanye yang menarik. 

  1. Melalui Google Maps

Lalu ketika anda ingin mendapatkan customer dari lokal sekitar anda, maka bisa memakai google maps. Anda bisa membuat satu, dua, atau bahkan tiga google maps untuk memaksimalkan lead. Agar google maps anda semakin dipercaya google maka harus selalu rutin diupdate dan diberi postingan. 

Itulah tadi beberapa teknik pemasaran online untuk biro travel haji dan umroh. Pemaparan tersebut sekaligus menutup artikel ini. Semoga dapat bermanfaat. Jika anda mempunyai bisnis travel umroh jogja maka simak terus update dari kami soal bagaimana menaikkan level bisnis lewat digital marketing. 






Posting Komentar untuk " Pemasaran Online untuk Biro Travel Haji"