Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Retargeting Produk Kacang Almond

Teknik Retargeting Produk Kacang Almond. Kacang almond memiliki banyak manfaat diantaranya kandungan nutrisinya yang kompleks serta rasanya yang nikmat. Sebenarnya almond bukan termasuk jenis kacang-kacangan, tetapi almond merupakan biji dari pohon almond. Kacang almond ini sering dijadikan sebagai cemilan sehat karena memberikan banyak manfaat seperti menurunkan berat badan karena obesitas dan mencegah penyakit akut berbahaya seperti penyakit jantung dan kanker. Jenis almond ini dibagi menjadi 2 yaitu almond manis dan pahit. Biasanya yang dijual di pasaran dan banyak dikonsumsi adalah almond manis.

Dalam dunia bisnis, terutama sektor perdagangan kacang almond, retensi atau pembelian kembali secara berulang oleh pelanggan merupakan hal terpenting bagi pertumbuhan bisnis. Dengan retensi pelanggan yang maksimal secara tidak langsung akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan kepercayaan pembeli atau pelanggan terhadap produk yang ditawarkan atau dijual. Retensi penjualan ini bisa dilakukan dengan teknik retargeting produk kacang almond. 

Menurut survey kepuasan pelanggan terhadap suatu jenis produk, disimpulkan bahwa peningkatan penjualan sangat dipengaruhi oleh retensi pembeli terhadap produk tersebut. Masih berdasarkan survey yang sama dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir 80% pembeli akan menjadi pelanggan setia apabila kualitas produk yang ditawarkan dianggap memuaskan. Hal ini juga berlaku untuk penjualan produk kacang almond, karena terdapat banyak supplier kacang almond di Indonesia.

Nah, pada pembahasan ini akan dipelajari tips dan trik meningkatkan penjualan dengan teknik retargeting produk kacang almond yang efektif dalam mengajak konsumen agar berbelanja kembali. Hal-hal tersebut antara lain :

Melakukan Analisa Pelanggan

Catat semua data dari pembeli dan lakukan identifikasi preferensi pelanggan terhadap produk kacang almond. Tindakan ini merupakan faktor yang sangat penting dalam mengembangkan strategi marketing yang tepat dan efektif. Analisis ini mencakup beberapa hal seperti harga, tekstur, rasa dan kemasan produk yang paling diminati pembeli. Lakukan survey, tes pasar dan analisis dari data pembelian sebelumnya, sehingga bisa memahami hal-hal apa saja yang ada dari setiap segmen pelanggan. Misalnya, ada pelanggan yang suka dengan kacang almond yang dipanggang. Beberapa menyukai toping almond pada kue atau es krim dan ada juga yang menyukai susu almond.

Dari analisis ini akan dapat dipahami bagaimana perilaku pelanggan terhadap jenis produk yang ditawarkan. Dengan teknik analisa ini, melakukan teknik retargeting produk kacang almond dengan tepat diharapkan penjualannya akan mengalami peningkatan. Peningkatan nilai penjualan ini diharapkan karena terjadinya pembelian kembali terhadap produk tersebut.

Membuat kampanye atau promosi retargeting

Penggunaan data pelanggan yang telah dianalisa secara tepat akan menentukan jenis kampanye atau promosi yang akan diberikan kepada pelanggan. Memberikan penawaran khusus seperti pemberian potongan harga untuk produk yang paling diminati, pemberian ongkos gratis dengan nilai minimal pembelanjaan atau bisa juga pemberian harga khusus seperti pembelian 2 gratis 1 bisa dilakukan sebagai upaya untuk menarik konsumen melakukan pembelanjaan produk kacang almond kembali.

Penggunaan teknik retargeting produk kacang almond dengan metode penawaran khusus ini, bisa  memanfaatkan berbagai platform digital yang sudah dikenal seperti facebook, instagram, marketplace dan lain sebagainya. Semakin banyak promosi kampanye ini dilakukan, akan semakin besar pula peluang penambahan pelanggan baru atau bahkan pelanggan lama yang melakukan pembelian kembali. Promosi bisa dilakukan dengan memasang iklan berbayar atau dengan kampanye organik, yaitu dengan melakukan interaksi pada iklan promo tersebut. Contoh interaksi antara lain melalui cara memberikan suka, komen dan membagikannya. 

Untuk meningkatkan penjualan melalui marketplace gunakan event-event khusus seperti harbolnas, promo gratis ongkir yang menarik konsumen. Sesekali boleh juga melakukan live streaming dengan memberikan penawaran khusus supaya konsumen semakin mengenal varian dari almond yang dijual. Tidak ada salahnya membuat brosur kampanye atau promo secara offline. Pembuatan brosur ini dilakukan dengan cara disebar secara langsung kepada calon konsumen.

Melakukan komunikasi secara personal

Teknik retargeting produk kacang almond yang ketiga yaitu dengan cara personalisasi komunikasi dengan konsumen. Personalisasi komunikasi dapat dilakukan dengan menyebutkan nama pelanggan pada pesan teks atau email. Contohnya pada saat launching varian produk almond terbaru, lakukan promosi penawaran khusus tersebut melalui pesan teks singkat seperti whatsapp, email atau sms. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelanggan tersebut merasa lebih dikenal secara pribadi, sehingga mempermudah penawaran kembali produk kacang almond yang sebelumnya pernah dibeli.

Personalisasi komunikasi juga bertujuan untuk meningkatkan bonding antara penjual dan pembeli. Ikatan atau bonding yang kuat ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, bahkan bisa jadi pelanggan yang akan mencari produk lainnya tanpa perlu ditawarkan terlebih dahulu.

Pengoptimalan Website dan Sosial Media

Pada era teknologi sekarang, banyak cara dilakukan untuk berjualan baik secara online atau offline. Dengan cara online salah satunya dengan melakukan promosi melalui digital marketing. Untuk mengenalkan produk biasanya produsen akan membuat suatu website dan sosial media tentang produk tersebut sehingga bisa dengan mudah dikenal oleh konsumen. Lakukan pembaruan konten atau promosi secara berkala supaya konsumen mengetahui promosi apa saja yang sedang berlangsung.

Gunakan gambar dan testimonial untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk kacang almond yang ditawarkan. Jangan lupa meminta konsumen untuk memberikan review atau ulasan tentang produk kacang almond yang sudah dibeli. Tindakan ini juga merupakan salah satu teknik retargeting produk kacang almond yang bisa diterapkan supaya konsumen berbelanja kembali. Tidak ada salahnya melakukan umpan balik dan survey tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk kacang almond ini.

Evaluasi dan Pemantauan Kinerja

Lakukan evaluasi dan pemantauan kinerja teknik retargeting produk kacang almond yang telah dilakukan secara teratur dan berkala. Pemantauan dan evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan keberhasilan retargeting yang telah dilakukan. Gunakan data ini untuk menganalisa strategi retargeting yang terbaik serta yang perlu diperbaiki, untuk meningkatkan tingkat retensi, konversi konsumen serta besarnya nilai ROI (Return on Investment).

Evaluasi dan pemantauan idealnya dilakukan dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan semenjak dilakukan kampanye atau promosi. Apabila satu minggu setelah dilakukan kampanye ternyata belum terdapat perubahan nilai penjualan, lakukan improvisasi pada minggu berikutnya. Pantau kembali hasilnya pada minggu kedua, lakukan secara berulang tindakan ini selama 1 bulan ke depan. Tindakan ini dilakukan untuk menentukan teknik retargeting produk kacang almond mana yang terbaik.

Dengan menerapkan kelima teknik retargeting produk kacang almond diatas secara konsisten, loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan akan mengalami peningkatan. Peningkatan terjadinya penjualan akan mengalami perubahan secara optimal, sehingga bisnis kacang almond ini akan semakin tumbuh dan berkembang. Tetap lakukan inovasi terbaru serta ikuti perubahan tren yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga preferensi pelanggan akan semakin meningkat.  

Silahkan kunjungi website https://kabirafood.com/ untuk informasi lebih lengkap mengenai jenis dan macam produk kacang almond. Jika ingin melakukan pemesanan dapat juga menghubungi 0817-692-6789.

Posting Komentar untuk "Teknik Retargeting Produk Kacang Almond"