Replace "http://www.dosenjualan.com"

Deep Face, Aplikasi Deteksi Wajah dari Facebook

13 Jul 2014
Jika manusia mampu mengenali wajah seseorang dengan mudah, bagaimana halnya dengan komputer. Anda jangan lagi berkata tak mungkin, karena tehnologi citra sekarang sudah makin canggih. Tektur mata manusia sudah dapat dengan mudah dibaca oleh komputer.

Begitu juga bagi jejaring sosial Facebook saat ini sedang berupaya mengembangkan mekanisme pengenalan wajah yang menjanjikan tingkat akurasi "hampir setara kemampuan manusia".

Saat ini jejaring sosial tersebut sudah mampu menebak siapa saja yang terdapat dalam sebuah foto dan mengajukan pilihan tagging teman kepada pengguna. Namun, karena kemampuannya belum maksimal, pengguna kerap harus menambah tag secara manual.

Sebagaimana dikutip dari Mashable, Grup API Facebook sedang mengembangkan software bernama DeepFace. Program ini memetakan bentuk wajah secara 3 dimensi dan mampu mencari karakteristik khusus.

Tingkat akurasinya disebut mencapai 97,25 persen, hanya selisih sedikit dibanding akurasi pengenalan wajah oleh manusia yang sebesar 97,5 persen. Untuk mengembangkan teknologi ini, manajemen Facebook menggunakan data visual berupa 4,4 juta wajah yang diperoleh dari 4.030 penggunanya.

"Sistem (DeepFace) ini menutup kesenjangan yang ada di bidang face recognition dan hampir mencapai tingkat akurasi manusia," ujar para peneliti Facebook dalam laporan yang dirilis oleh Grup API Facebook. "Kinerjanya mampu melebihi sistem yang sudah ada dan hanya butuh sedikit adaptasi." Tambahnya.
Kalau tingkat akurasi pengenalan wajah Facebook benar-benar bisa dibuat mirip kemampuan manusia, boleh jadi proses tagging foto nantinya bisa dilakukan secara otomatis sepenuhnya tanpa campur tangan pengguna. Itu yang kita nantikan tentunya.
Description
: Deep Face, Aplikasi Deteksi Wajah dari Facebook
Rating
: 4.5
Reviewer
: Suryadin Laoddang
ItemReviewed
: Deep Face, Aplikasi Deteksi Wajah dari Facebook

0 komentar:

Posting Komentar test

Copyright 2017 - Pembicara Pelatihan Internet Marketing Facebook Konsultan Pakar SEO