Replace "pindah ke telegram"

Bingung Perbedaan Web dan Blog? Simak 6 Tips Mudah Ini

14 Jan 2017

Perbedaan web dan Blog
Blog dan website merupaka media yang digunakan oleh seseorang untuk menuangkan ide atau gagasan baik berupa teks, gambar, video, maupun audio. Saya. Namun tentu ada kebingungan yang dialami oleh teman-teman yang belum terlalu mengenal IT. Sehingga sering rancu antara web dan blog dan bahkan mungkin dianggap sesuatu hal yang sama.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit apa itu perbedaan antara web dan blog. Sebab jika dilihat sekilas memang keduanya hampir sama.

Adapun perbedaan antara blog dan website dapat dijelaskan menggunakan faktor pembeda berikut ini.

Pertama : Pengguna/User

Dilihat dari sisi penguna, Blog lebih sering dipakai untuk keperluan tulis menulis, sehingga banyak pemakainya yaitu orang orang yang biasa menulis dan ingin membagikan hasil tulisannya kepada orang banyak. Biasanya, satu blog hanya dikelola oleh satu orang, sedangkan untuk website dikelola oleh lebih dari 1 orang. Ada bagian desain, konten writer, CRO dll. Pemilik website biasanya adalah , kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.

Kedua : Tujuan

Dari sisi tujuan, blog dibuat untuk keperluan pribadi. Pemilik blog( Blogger) biasanya mengunakan blog sebagai media untuk menyampaikan “uneg-uneg” si blogger. Namun Seiring dengan perkembangan zaman, para blogger mulai monetize blog mereka. Baik itu dijadikan toko online maupun di adsense. Sementara itu, tujuan dibuat website adalah untuk menampilkan profil perusahaan dan jualan online namun secara lebih profesional.

Ketiga : Biaya

Setelah dari Penguna dan Tujuan, perbedaan lainnya bisa dilihat dari biayanya. Untuk blog, kita dapat menggunakan blog secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masingplatform blog. Contohnnya adalah blogspot, wordpress, webly, tumblr dan masih banyak lainnya. Namun jika kita menggunakan website, maka kita perlu mengeluarkan uang biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.

Keempat : Kemudahan

Dari sisi Kemudahan, blog jelas lebih mudah dibuat dan digunakan daripada website. Kita hanya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur yang sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik. Sementara itu untuk website, yang harus kita siapkan biasanya adalahi domain, webhosting, hingga software File Transfer Protocol (FTP).

Kelima : Template


Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Karena seperti yang sudah saya sampaikan tadi, tujuan website memang agar terlihat lebih profesional. Selain itu, suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger lainnya karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog.

Tapi ada juga yang versi berbayar, namun blogger kadang hanya memakai yang gratisan karena dirasa yang gratis pun masih cukup. Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat kesamaan antara satu website dengan website lain.

Hal ini disebabkan desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut, sehingga tampilannya akan sesuai dengan selera pemiliknya. Template website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit yang hanya dipahami oleh seorang programer.

Keenam : Performa

Terakhir, dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul ketika digunakan. Website biasanya dibuat oleh programmer sehingga akan terlihat lebih profesional. Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain seperti sebagai media bisnis online.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan antara web dan blog, semoga bermanfaat bagi anda.
Description
: Bingung Perbedaan Web dan Blog? Simak 6 Tips Mudah Ini
Rating
: 4.5
Reviewer
: Fendri Reswanto
ItemReviewed
: Bingung Perbedaan Web dan Blog? Simak 6 Tips Mudah Ini

0 komentar:

Posting Komentar test

Copyright 2017 - Pembicara Pelatihan Internet Marketing Facebook Konsultan Pakar SEO