Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Implementasi Prinsip Eksekusi Bisnis di Dosen Jualan Group

Implementasi Prinsip Eksekusi Bisnis di Dosen Jualan Group. Kata kuncinya adalah Konversi. Dalam tataran Digital Marketing, ijinkan saya uraikan study kasusnya.

Pengetahuan akan trik digital marketing terbaru adalah salah value yang melekat pada tim kami, karena memang itulah dunia kami. Maka kami selalu berangkat dari sini, berangkat untuk merangkul calon buyer dan mitra, lalu mengajak mereka mencetak omset untuk kami.

Pengetahuan menjadi Action
Pengetahuan kami tentang digital marketing, selanjutnya dibuatkan pertanyaan besar. Bagaimana caranya ini semua bisa sampai ke calon buyer - calon mitra. Salah duanya adalah dengan membuat chat series di WA dan Live Webinar di Youtube, Facebook, IG dan Tik Tok. Agar ini dapat terlaksana, dibuatlah bank konten, siapa pelaksananya, kapan dilaksanakan dan diinventaris media dan chanel apa yang dapat mendukung itu semua.



Action menjadi Result
Masing-masing catatan penting diatas dibuatkan target resultnya. Misalnya :
1. Chat Series WA : Harus dapat 1.000 kontak WA baru tiap minggunya.
2. Harus ada 1 materi chat series tiap bulan.
3. Live webinar harus dibuat minimal 3 kali per pekan.
4. Penonton live minimal 100 orang per live dan 500 orang yang nonton ulang.
5. Live webinar harus tayang di Youtube, Facebook, Tik Tok dan Instagram.
6. Informasi Webinar harus disebar ke 100 group WA dan 100 group facebook

Result menjadi Kinerja & Daya Saing
Karena semua pola kerja diatas sudah menjadi rutinitas harian, maka tim secara otomatis terpacu untuk mencapai target itu. Dengan sendirinya, kinerja tim terbentuk secara alami. Kinerja yang simultan inilah yang akan pada akhirnya mampu merawat calon buyer kami, sehingga sulit berpindah kelain hati. Kinerja yang simultan dan terpola ini jugalah yang sulit ditiru kompetitor. Boleh jadi mereka tau pengetahuannya, tapi belum tentu mampu menjalankannya.

Daya Saing menjadi Omzet dan Asset
Kinerja yang simultan dan terpola pada akhirnya melahirkan kinerja yang terukur. Data calon buyer yang masuk seterusnya diolah terus dengan pendekatan Funneling dan Flywheel, menjadikan calon buyer akan meminta asupan-asupan pengetahuan baru.

Dan kami sudah mempersiapkan 12 pilihan tempat menyantap asupan itu. Ada kelas Inkubator, Pekan Raya, Konseling Online, Privat, Kursus, In House Training, e-Book, e-Course dan beragam lainnya. Tentu muaranya adalah mendapatkan omset. Namun omset hanyalah tujuan sementara. Karena lebih daripada itu, ada aset yang harus dimasukkan dalam kotak brankas. Mohon doanya, Amin.

Ditunggu kritik dan sarannya.

Selain Versi Dosen Jualan, ada juga nih versi lainnya

IMPLEMENTASI PRINSIP EKSEKUSI DI DR.METZ SKINCARE 
(PT. KREASI INOVASI ESTETIKA)

Pengetahuan Menjadi Action
Operasional
Cost Efficiency & Business Process
Hal ini penting dilaksanakan karena akan menjaga cash flow perusahaan tetap stabil sehingga akan memberikan dampak terhadap omset perusahaan serta menjaga ritme dalam proses bisnis yang terarah dan teratur.

Logistik
Ketersediaan Stok yang Efektif dan Akurat serta Produk yang mampu Menyelesaikan Masalah Konsumen.
Hal ini penting dilaksanakan untuk memastikan ketersediaan stok barang yang jumlahnya disesuaikan dengan Forecasting stok dari data jual-beli yang dimiliki sehingga stok dapat menjawab kebutuhan Supply & Demand juga memastikan barang yang ada dapat menyelesaikan masalah konsumen.

Finance
Menyediakan Laporan aktual tersistem dalam  gambaran Dashboard yg dapat diakses secara real-time. Menerapkan sistem Flagging (alarm) di Dashboard Keuangan sebagai rapid assesment untuk pengambilan keputusan. Menetapkan Cost Proyeksi tiap Divisi sebagai batasan anggaran keuangan.
 
SDM
Konversi dalam tatanan SDM :

- Efektivitas dan efisiensi organisasi
Hal ini penting dilaksanakan karena dapat memaksimalkan seluruh proses bisnis di perusahaan, sehingga impact besarnya akan mempengaruhi kepada perusahaan secara luas, spesifiknya terhadap kepuasan pelanggan, cost efisiensi dan akan berpengaruh secara signifikan terhadap omset.

Action Menjadi Result
Operasional
Mengontrol pengeluaran harian mengacu pada Rencana Anggaran Belanja Perusahaan
Memastikan activity list masing-masing karyawan dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan
Mengevaluasi laporan kerja harian, mingguan dan bulanan masing-masing karyawan
Memastikan semua rangkaian proses yang dilakukan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan

Logistik
Memastikan data penjualan dari seluruh mitra/customer tersedia secara akurat dengan membuat dasboard spreadsheet yang saling terhubung dan dapat diakses secara real time
Memastikan Stok Opname terlaksana secara berkala (harian, mingguan, dan bulanan) dan akurat (data keluar-masuk barang sesuai dengan stok yang tersedia)
Melaksanakan Forecasting secara berkala (bulanan per produk) agar pengadaan barang dapat diramalkan sesuai dengan Demand dan Ketersediaan stok saat ini
Melakukan pengadaan barang sesuai Forecasting (Demand dan Safety Stok)
Melaksanakan R&D secara berkala (bulanan, all produk) untuk mengetahui produk mana yang paling terbaik dalam menyelesaikan masalah konsumen

Finance
Informasi Keuangan dapat diakses secara real-time.
Alarm Cost dengan menggunakan traffic light.
Grafik Keuangan berisi informasi persentase Pendapatan, Pengeluaran, serta Net Profit Margin.
 
SDM
Langkah terpenting :
Observasi dan Validasi Standar Operasional Prosedur
Finding the Problems (Membuat DIM Jabatan dan Unit Bisnis)
Chunking the Problems
Memangkas hal-hal pemborosan dalam kinerja
Merancang dan Membuat Standar Operasional Prosedur terbaru dan memastikan Support system.
Memberikan direction SOP baru dan langkah aksinya
Melakukan tagih hasil secara berkelanjutan

Result Menjadi Kinerja & Daya Saing
Operasional
Dapat menghasilkan layanan prima kepada pelanggan
Meningkatkan kinerja kerja karyawan ke arah yang positif
Menghasilkan peningkatan omset perusahaan dengan meminimalisir biaya operasional

Logistik
Memastikan barang tersedia, berkualitas dengan harga terendah
Memastikan produk terbaik tersedia dan terjual dengan optimal
Memastikan produk terbaik terjaga kualitasnya

Finance
Informasi Keuangan aktual secara real-time menjadi keunggulan perusahaan dalam kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan.
Penggunaaan traffic light sebagai alarm perusahaan meningkatkan efisiensi cost.
Penetapan cost proyeksi sebagai batasan anggaran perusahaan.
 
SDM
Karena SOP yang sudah direvisi, maka SOP tersebut harus menjadi sebuah rutinitas harian oleh tim secara otomatis yang akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan yang terafirmasikan dalam ciri khas pelayanan dan organisasi.

Daya Saing Menjadi Omzet & Asset
Operasional
Peningkatan kinerja karyawan yang positif akan berdampak kepada layanan yang dihasilkan sehingga akan menimbulkan layanan yang prima. Dengan pemberian layanan yang prima maka akan menghasilkan kepuasan pada pelanggan yang secara bersama-sama akan meningkatkan omset perusahaan.

Logistik
Dengan produk yang berkualitas akan berdampak kepada meningkatnya kepuasan customer. dan dengan meningkatnya kepuasan customer, akan meningkatkan demand, dengan meningkatnya demand akan berdampak pada meningkatnya aset berupa barang, peralatan dan sdm.

Finance
Apabila fokus utama tiap Divisi dan Individu sudah terpola sebagaimana yg diharapkan diatas. Maka perusahaan dapat meningkatkan Omzet serta Asset, sekaligus meningkatkan efisiensi biaya-biaya operasional perusahaan.
 
SDM

    Mempersiapkan counselling and coaching 1 hours/day, Melakukan pengawasan pelaksanaan SOP secara rutin sesuai dengan Lead Measure yang dituju sehingga menghasilkan Standar Operasional Prosedur yang terpola dan dilakukan secara rutin dan terukur. Maka keseluruhan bisnis proses dan operasional yang ada di Dr.Metz Skincare secara efektif dan efisien sehingga akan berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta meningkatkan omset dan aset perusahaan.

Posting Komentar untuk "Implementasi Prinsip Eksekusi Bisnis di Dosen Jualan Group"

Berlangganan via Email