Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPE DISKON JUALAN ONLINE MASA KINI

TIPE DISKON JUALAN ONLINE MASA KINI.“Diskon? Promo? Wahhh… Sampai kapan tuh diskonannya? Berapa besaran diskonnya?”

Bagaimana reaksi Anda, jika mendengar dan menjumpai kalimat-kalimat seperti demikian? Akan ikut tergoda? Atau ada reaksi lainnya? Diskon kerap sekali menjadi hot news yang sangat menarik untuk kita semua. Bahkan setelah mendengarkan kata-kata tersebut, pasti kita akan langsung tergoda untuk membeli produk-produk diskonan. Bela-belain menempuh jarak cukup jauh dan memakan waktu yang cukup banyak untuk mengejar diskonan tersebut. Tapi, jika kamu seorang pebisnis millennial, pengusaha trend, dan pemimpin para kaum reseller, diskon ini WAJIB masuk dalam proses jualan online kalian.

Kebahagiaan seorang pengusaha atau pebisnis online pastinya ialah mendapatkan closing dari pelanggan atau customer. Closing menjadi kabar gembira, karena menjadi salah satu bukti atau tanda bahwa proses penjualan online yang dilakukan berhasil. Namun, satu tanda closing belum tentu menjadi tanda besar tercapainya target penjualan. Kita perlu melakukan closing da mencari pelanggan baru sebanyak-banyaknya. Bagaimana caranya?

Pada kali ini, saya ingin sedikit berbagi kepada kalian. Agar dalam proses penjualan kita membuahkan hasil yang bombastis. Mulai dari closingan semakin terus bertambah, omset penjualan meningkat pesat, dan pelanggan baru banyak bermunculan. Caranya kita perlu menerapkan salah satu strategi dahsyat. Strategi itu, STRATEGI HARGA DISKON.

Di era saat ini, ada banyak tipe strategi harga diskon yang bisa kita tiru untuk meningkatkan progresitas proses penjualan online kita. Berikut ide dahsyat tipe diskonnya: 


1. Diskon Pre-launch atau Pre-order

Salah satu diskon unik ini, biasanya mendapatkan sapaan PL atau PO. Saya sangat yakin pasti kalian seringkali menemukan iklan seperti, “Bagi mommy yang ingin segera mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar dengan madu xxx, sekaligus ingin mendapatkan diskon setengah harga dari kami, mommy wajib PO dulu yaa hehe,” Betul begitu bukan?

Nah, tipe diskon ini memang cukup menarik menggoda customer yang ingin segera mendapatkan slot serta menikmati bonus. Diskon Pre-launch atau Pre-order ini hanya diskon yang pemesannya dilakukan sebelum produknya ready ya. Jadi, bagi para pebisnis hebat, sebelum meriliskan produknya, bisa banget kok untuk segera memposting dan menawarkan beragam diskon kepada customer terkasih kalian.

2. Diskon Spesial Momentum Hari Besar

Saya percaya, di sosial media atau marketplace kalian, pasti saat membuka beranda postingan tak jarang berseluncuran berbagai banyak diskonan, apalagi jika di moment-moment special. Seperti di setiap bulannya, ada saja Hari-hari besar. Seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), Hari Raya, Hari Kemerdekaan, Black Friday, dan selainnya. Bahkan diskon yang ditawarkan pun juga tak sedikit, sehingga banyak juga customer yang tergiur di hari-hari tersebut.

3. Diskon Loyalitas

Jika mendengar kata “Loyalitas”, pasti langsung terbayangkan customer tercinta. Betul sekali, selain kita mencari customer baru, kita perlu merawat customer kita yang sudah membeli produk kita. Ibaratnya, kita perlu memberikan pelayanan khusus kepada mereka, agar senantiasa loyal terhadap kita dan produk kita. Dengan memberikan diskon spesial kepada para customer tercinta kita, hal ini menjadi salah satu bentuk perawatan yang sangat menarik. Selain membuat mereka repeat order, tetapi juga sekaligus menjadikan mereka sebagai reseller bayangan kita. Nikmat bukan, sekali dayung tiga pulau terlampaui? Hehehe

4. Diskon Bundle

Bundling atau bundle merupakan sebuah penawaran untuk membeli produk dalam jumlah banyak, namun harganya miring. Contohnya, “jika kamu membeli 3 buku, harganya hanya Rp 100.000,- lebih hemat Rp 20.000,- bukan? Yuk dapatkan tawaran menarik ini, because terbatas stock“. Tipe diskon ini secara tidak langsung telah mengurangi harga produk aslinya. Diskon Bundle ini, menjadi salah satu strategi untuk bisa menghabiskan stock dan mempercepat closing produk kalian.

5. Diskon Imbalan

Apabila kamu sering mendapatkan instruksi untuk save dan share postingan akun online shop atau marketplace tempat kalian membeli kebutuhan, sekaligus menawarkan gift atau potongan harga, maka itu tanda bahwa dia sedang memberikan diskon imbalan kepada kalian. Diskon Imbalan ini menjadi salah satu strategi paling apik untuk menarik pelanggan baru.

6. Diskon Referral

Diskon ini bisa diberikan kepada customer kalian yang telah membeli produk kalian dari para marketer atau affiliate yang sudah bekerja sama dengan kalian. Ingat! Istimewakan dan rawat baik-baik pelanggan baru kalian, baik customer yang langsung mendapatkan info produk kalian dari postingan kalian ataupun marketer lain.

7. Diskon Hadiah Kejutan

Mendengar kata “Kejutan”, pasti bayangan kalian suatu hal yang tak terduga bukan?

Benar, kejutan atau surprise, dapat menjadi sebuah cara pemberian diskon kepada customer. Meski pemberian diskonnya hanya dengan potongan harga kecil sekalipun, namun diskon hadiah kejutan ini akan menjadi suatu kenangan yang sangat mengesankan bagi customer kalian. Ingat! Dalam menggunakan diskon hadiah kejutan ini, jangan ditampilkan dalam postingan promosi marketplace atau sosial media bisnis kalian yaa. Namanya kan kejutan, jadi berilah kejutan terbaik untuk customer kalian.

8. Diskon Pembelian Berikutnya

Tipe diskon ini dapat disebut sebagai diskon penahan customer. Mengapa begitu? Karna diskon ini lazimnya ditawarkan kepada customer perdana dan sangat cocok ditawarkan kepada mereka. Diskon ini menjadi jembatan awal customer perdana, untuk menjadi customer loyal, agar selalu repeat order produk kita. Jadi upayakan tidak nanggung-nanggung ya untuk me-loyal-kan customer kita.

9. Diskon Undian

Masih ingat dengan istilah doorprize? Yups, doorprize atau undian, ternyata dapat juga menjadi strategi diskon dalam penjualan online kalian. Diskon undian ini bisa kalian manfaatkan dengan membuat sebuah tantangan kepada customer kalian dengan memberikan potongan harga yang sangat besar, bagi mereka yang beruntung mendapatkanya. Diskon undian, akan menjadi salah satu strategi untuk mempercepat closing produk dan menambahka pelanggan baru kalian. Sebab, semakin kalian memberikan undian dan semakin besar jumlahnya, maka akan banyak yang tertarik dengan produk kalian.

Itulah tipe-tipe diskon dalam jualan online yang dapat kita terapkan bersama-sama sebagai salah satu strategi dahsyat penjualan online kita. Semoga setelah menerapkan strategi diskon ini, closing kita semakin bertambah, omset penjualan meningkat pesan, dan pelanggan banyak yang terbaru. Jangan khawatir dengan kondisi masa kini. Jika ada kesulitan dalam penjualan, masih ada banyak jalan yang perlu kita telusuri lebih dalam, untuk menemukan strategi-strategi lebih dahsyat lagi dalam proses dan progress penjualan online kita di era saat ini.

Posting Komentar untuk "TIPE DISKON JUALAN ONLINE MASA KINI "

Berlangganan via Email