Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Business Owner, Buka Bisnis Baru dan Keluarkan Produk Baru

“Bang harga domain berapaan sih? Bang Dosen punya donk info promo domain pastinya?” Ini adalah pertanyaan yang saya dapat semalam. Hanya beberapa menit setelah gempa terasa di Jogja tengah malam tadi, 27 Juli 2021.

Pertanyaan yang datang dari salah peserta live webinar saya di sore harinya. Webinar dalam rangka Discipline Extreme Execution Practicing (DEEP) 3 Led by Coach Dr. Fahmi, kebetulan saya hadir selaku salah satu pemateri di program tersebut. Saya dapat jatah membahas tema “Mencari Ide Bisnis Baru di Masa Pandemi”. 

Tugas Business Owner

Mencari Ide Bisnis Baru di Google.Co.Id

Meningkatnya artificial intelligence dalam dunia internet saat ini sesungguhnya makin memudahkan kita untuk mencari ide bisnis yang mudah model bisnisnya, juga relative murah dari modal dan biaya oprasionalnya.

Cobalah masuk ke Goolge, lalu ketikkan JASA MALANG, setelah itu geserlah kursor kebelakang kata jasa. Lalu tekan tanda spasi sekali, lanjutkan dengan mengetikkan huruf A, temukanlah ide bisnis baru disana. Kalau tidak ada yang menarik bagimu, gantilah huruf A tadi dengan huruf B, adakah ide bisnis menarik disana?

Coba perhatikan disana ternyata ada loh jasa bersih rumah malang dan jasa bersih kasur malang. Artinya kedua jasa ini sangat dibutuhkan di Kota Malang saat ini. Jika belum ketemu juga cobalah ganti huruf B dengan huruf C, lalu D, E, F dan seterusnya.

Cobalah juga ketikkan kata kunci Jasa Cabut di google, tekan spasi di belakang kata cabut tadi, tunggu sekitar 3 detik dan lihatlah ide bisnis apa yang muncul disana? Ternyata JASA CABUT UBAN.

Bagaimana, Anda tertarik?

Menggali Ide Bisnis Baru di Google Trends

Mungkin aplikasi miliki google satu ini kurang familiar bagi masyarakat awam. Tapi bagi para digital marketing seperti di Kampus Dosen Jualan, aplikasi ini sudah makanan kami sehari-hari. Google Trends selalu menjadi rujukan untuk mencari ide bisnis, golden keyword, buying keyword, treding keyword, rising keyword untuk kepentingan search engine optimization (SEO) bisnis kami.

Tidak hanya itu untuk menentukan lokasi target iklan kami, asal muasal demografi dan geografi follower Instagram dan Tik Tok kami, juga dianalisa dengan bantuan google trend. Begitu pula Ketika ingin mencari bisnis baru, salah satu rujukannya ya di Google Trends.

Yuk kita simak salah satu demonya.

Misalnya saya ingin cari ide bisnis di Yogyakarta, maka saya bukalah google trend. Wilayah pelacakan kami rubah menjadi Yogyakarta, rentang waktunya dirubah menjadi 12 bulan terakhir. Di tambahkan istilah kami isi dengan kata jual, grosir, toko, gudang dan tempat. Perhatikan gambar yah.

Tugas Business Owner

Perhatikan dibagian kueri terkait, ada banyak ide sebenarnya disina yang bisa dijalankan. Dibutuhkan saat ini, saat pandemi, model dan proses bisnis relatif simpel, tidak butuh modal besar untuk menjalankannya. Berikut Dosen Jualan sajikan rangkuman idenya untuk Anda.

  1. jual ivermectin
  2. jual oksigen 24 jam
  3. jual foto di internet
  4. jual akun ff sultan murah
  5. jual soju terdekat
  6. jual ikan cupang terdekat
  7. jual ikan guppy
  8. jual styrofoam terdekat
  9. grup jual beli akun ff wa
  10. jual akun netflix
  11. jual aquarium terdekat
  12. jual aglonema murah
  13. toko helm terdekat dari lokasi saya
  14. toko jamu terdekat dari sini
  15. toko keramik terdekat
  16. toko tani terdekat
  17. toko susu bayi terdekat
  18. toko kue terdekat dari lokasi saya
  19. toko skincare terdekat
  20. toko wallpaper dinding terdekat
  21. toko frozen food terdekat
  22. toko bako terdekat
  23. toko souvenir terdekat
  24. toko baut terdekat
  25. toko cupang terdekat
  26. grosir tas gempol
  27. grosir snack kiloan terdekat
  28. grosir masker medis
  29. tempat rapid test antigen terdekat
  30. tempat bekam terdekat dari lokasi saya

Wow, ada 30 ide bisnis baru! Masih kurang?

Segera Eksekusi Ide Bisnismu

Pilihlah satu atau dua ide bisnis yang bisa segera Anda eksekusi, cari potensi orang dalam lingkaran keluarga, teman, komunitas, tetangga dan lingkaran lainnya. Mungkin saja ada diantara mereka yang bisa Anda ajak kolaborasi untuk jalankan ide bisnis itu.

Jika Anda adalah pebisnis yang bergaya otak kanan, seperti Bob Sadino. Segera jalankan bisnismu, gak perlu membuat business plan segala, gak perlu bikin perhitungan BEP segala. Jalan aja dulu, sambal jalan sambil dibenahi.

Jika Anda adalah pebisnis beraliran otak kiri seperti Rhenald Kasali, tentu Anda harus membuat business plan-nya, menghitung feasibility study-nya, buat business model canvas-nya dan masih banyak canvas lainnya.

Jika Anda bingung, Anda itu otak kiri, otak kanan atau justru keduanya tidak berfungsi dengan baik. Maka segeralah menuju ke Padepokan Sigura-gura malang, belajarlah menata otak Anda disana.

Miliki Website Bisnis

Di ahir sesi webinar tersebut, saya juga menjelaskan bahwa selain media social, masih ada website yang juga bisa dimaksimalkan untuk jualan online. Karena tidak semua produk bisa dijual di social media apalagi di market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya.

Produk seperti kawat pagar berduri, bronjong kawat penahan longsor, karet bantalan jembatan, karet bantalan tower, karet bantalan pondasi tentu tidak bisa Anda jual di sosmed atau market place. Karena karakter produk ini adalah dibutuhkan, dicari saat lagi dibutuhkan, tempat mencari ya di google. Saat orang mencari produk itu di google, pastikanlah website Anda yang muncul di halaman pertama pencarian google tersebut. Gunakanlah tehnik SEO, syarat utamanya adalah memiliki website bisnis.

Agar websitemu bisa cepat jadi, cobalah hubungi jasa pembuatan website atau jasa kelola web lainnya. Website sendiri baru bisa aktif jika Anda sudah memiliki platformnya, gunakan saja yang gratisan dulu seperti blogspot, wordpress atau wix.

Selain platform, Anda juga harus memiliki hosting dan domain. Hosting itu sejenis server cloud, isinya serupa dengan mesin besar yang mengaktifkan dan menjalankan operasi sebuah website. Hosting ini bisa Anda beli di jasa penyedia hosting dengan system sewa bulan, 6 bulanan atau tahunan. Biar lebih detail lagi cobalah kepoin infonya di www.domainesia.com, mumpung lagi ada promo tuh.

Tugas Business Owner

Berikutnya Anda juga harus membeli domain, dengan masa kepemilikan tahunan, artinya harus diperpanjang setiap setahun sekali. Belinya juga bisa tuh ke domainesia, domain sendiri adalah nama identitas dari website bisnis Anda. Ini untuk membedakan yang mana website-mu, yang mana webisite kompotitormu. Jadi Ketika ada orang yang ingin membukanya, mereka cukup ketikkan namanya di browser, maka hosting akan bekerja mencari dan mendatangkan di domain ini ke hadapan pencarinya. Kecepatan pencarian dan membuka website tidak ditentukan oleh nama domain yang keren, nama domain yang pendek atau panjangnya. Tapi dari kualitas dan kapasitas hosting yang Anda sewa di domainesia.

Nah,

Ingat pesan ini yah, pebisnis tangguh tidaklah boleh menjadikan pandemi sebagai alasan untuk lesu dalam berbisnis. Kuncinya adalah buka bisnis baru atau keluarkan produk baru, titik!

Posting Komentar untuk "Tugas Business Owner, Buka Bisnis Baru dan Keluarkan Produk Baru"