Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan WhatasApp dengan Telegram, Menurut Ulasan Christina Lie

Dari sekian banyak ulasan tentang Perbedaan WhatasApp dengan Telegram mungkin inilah ulasan paling lengkap dan paling lugas. Ulasan ini ditulis oleh Christina Lie, yang ditulis di status facebooknya pada 22 September 2022. Seperti apa ulasannya, silahkan baca langsung yah, dibawah ini.

Perbedaan WhatasApp dengan Telegram

Kenapa gw lebih seneng pake telegram ketimbang whatsapp:

  1. Ada pilihan Saved Message, kalau ada file yang mau gw simpen buat pribadi, atau ada catatan penting, bisa gw taro disitu
  2. Gw bisa bikin channel private yang isinya semua dokumen softcopy gue, mulai dari KTP, NPWP, Passport, Sertifikat dll, jadi kalau gw lagi butuh dokumen, tinggal search conversation aja, karena ketika gw post foto disitu selalu gw kasih caption.
  3. Semua Video dan Foto, selalu highress, dan kalau kirim file bisa up to 1 GB. jadi ketimbang gw kirim via email, atau wetransfer, gw lebih memilih kirim via tele. Malah gw punya channel 1 lagi yang isinya video-video memory pas holiday kesini, kesitu, event ini, event itu, jadi gak numpuk di HP gw semua.
  4. Bisa Scheduled Message, mau ngucapin happy birthday dari sekarang juga bisa, tinggal schedule aja kalau pesan itu nyampenya di tgl ultah dia. Kalau gw pribadi pakai fitur ini, ketika mau kasih to do list, atau reminder, jadi gw bisa bikin reminder selama 1 minggu kedepan ke group.
  5. Konek ke komputer jauh lebih cepat telegram, ketimbang WA yang sering kali connecting melulu muter-muter gak jelas.
  6. Pake Tele mau group sebanyak apapun, gak bikin berat HP.
  7. Bikin grup di telegram, isinya bisa maksimal 100.000 anggota, bisa pin beberapa message sekaligus, dan kalau lagi bikin pengumuman, kita bisa matiin fungsi send message dari tiap anggota di grup tersebut, biar ketika kultum atau announcement, gak ada yang motong dulu.
  8. Melanjutkan nomor 7, ini jadi kepake banget kalau CS udah pada offline, bayangkan kalau tau-tau ada anggota grup rusuh di malem hari pas kita dah lagi istirahat, entah komplain gak jelas, nanya status orderan, atau ngompor ini itu ketika kitanya lagi gak mantau. Jadi tinggal lock aja grup-nya setelah jam kerja CS usai, dan dibuka lagi pas besok paginya.
  9. Telegram itu juga punya fitur voting dan polling hingga multiple choice, sehingga kalau mau survey ke grup itu gampang.
  10. Telegram juga punya tools buat detect member yang paling aktif di grup berdasarkan jumlah chat-nya setiap hari, jadi kita bisa liat rankingnya, nah ini kepake banget sama gw pas gw lagi bikin lomba "most friendly member", biar kalau ada member baru yang join tuh ya mbok disapa, bukan krik-krik-krik, dan kalau ada member yang nanya, mbok ya member yang udah tau jawabannya, bantu jawab. Setelah kedetect siapa aja yang paling banyak chatnya, gw tinggal bikin polling pake fitur tele juga, listing 10 nama member teratas utk di vote, siapa kah ranking 1-nya utk dapet hadiah.
  11. 11. Kalau ketemu temen, misalnya dia nanya, tin kontak lo via apa ya enaknya?, gw tinggal kasih userid telegram gw aja, dan dia bisa langsung search di tele, tanpa harus save nomor gue segala macem.. Praktis bener, bahkan gw tinggal share QR code user ID tele gw. Simple.
  12. Group dan Chat itu bisa dibikin FOLDER juga di tele, gw ada folder internal, folder rumah, folder kantor, folder finance, folder LUME, folder TOP Member, dan udah pasti ada juga by default dari Tele-nya itu, folder unread dan folder personal. Jadi kalau ada salah satu top agen gw chat gw, notifnya pasti langsung muncul di folder gue. Lebih efisien dan efektif.
  13. Mau ngetik apa-apa juga formatnya lebih enak di Tele, bahkan kalau kita sampe salah ketik, bisa edit textnya. Dan kalau di telegram desktop, teks yang kita kirim juga bisa kita sensor pake fitur spoiler, tinggal select teksnya terus klik kanan pilih formatting dan pilih spoiler, langsung ke hide.. ntar kita bisa unhide lagi.
  14. Notif read juga keliatan sama kayak di WA ada 2 centang, dan kalau di grup, tinggal klik di teks yang kita ketik, untuk liat siapa saja yang udah baca, kalau di WA, kudu klik 2 kali, mesti klik info dulu, baru bisa liat siap ayang baca.
  15. Kita bisa hide nomor HP kita juga, jadi gak keliatan, males banget kalau nomor HP kita discrap orang terus dijadiin data buat dikirimin WA macem-macem urusan pinjol dll.
  16. Banyak yang komplain kalau di tele, sering diinvite masuk grup gak jelas, ini tuh bisa dirubah di settingannya, caranya buka tele terus ke Settings -> Privacy and Security -> Groups & Channels, Terus centang yang My Contacts ketimbang Everybody. Aman sentosa dah.
  17. Telegram juga di grup bisa video chat, langsung conference pun bisa. Bahkan bisa kita schedule pula, mau video chat jam berapa, dimana semua anggota di grup akan di notifikasi 2 jam sebelum video chatnya dimulai.
  18. Kalau kita aktifin lokasi, temen-temen di tele bisa liat kita lagi dideket area dia atau nggak, begitu juga sebaliknya. Kalau kita gak mau keliatan ya tinggal di non-aktifin aja. Jadi kali aja lagi di mall mana, terus iseng buka lokasi, eh ternyata ada temen yang lagi di mall itu juga.. bisa ketemuan deh wkwkkw.. Meskipun gitu gw gak pernah pake fitur ini sih.
  19. Untuk di grup juga nih ya, kalau ada pembuat onar, kita bisa delete semua message yang pernah di kirim oleh orang tersebut, ketimbang deletein satu satu. Ini hanya kalau kita jadi admin ya.
  20. Ketika search media-media apa saja yang pernah dikirim di tele, wah lengkap banget, ada folder Voice Note, folder Music, folder Media, LInk, dll. Kalau di WA setau gw gak sampe dipecah sedetail itu.
  21. Stiker dan GIF-nya Tele sih juara lah, keren-keren.
  22. Banyak fitur game yang bisa dimainin di grup, dulu gw sering banget mainin Family 100 di tele.. kocak dan bikin ngakak, biar grupnya jadi aktif lagi.
  23. Ada fitur translate, jadi kalau elo kebetulan punya Supplier dari negara lain, dia ngomong pake bahasa apa ya tinggal elo klik textnya dan elo translate ke bahasa yg elo ngerti.
  24. Kalau elo lagi dengerin voice note, atau nonton video yang ada di salah satu chat di tele, elo masih bisa buka chat yang lain, atau buka aplikasi lain. Jadi gak langsung ketutup.
  25. Mau forward chat berikut reply-nya dari grup lain juga bisa, kalau di WA kan gak keliatan ketika kita forward reply dari chat kita, kalau itu ternyata adalah reply dari orang lain. Dengan begini ketika kita forward sebuah conversation, orang yang baca juga gak salah paham.
  26. Bikin notification sound yg berbeda-beda tiap orang juga bisa. Jadi gw bisa set sound khusus kalau misal laki gw yg ngechat, yang otomatis pasti bikin gw langsung cek HP.


Jadi ya gitu deh..
kenapa gw lebih seneng pake Telegram ketimbang WA.

WA hanya sebatas group family dan teman yang masih emoh aja pake tele.

Tapi gw ngerti sihhh emang sulit keluar dari zona nyaman, meskipun sebenernya ada yang lebih nyaman.. wkwkwkwk

Gw rutin pake tele udah dari 2016, lah laki gw aja baru semalem akhirnya mau pake tele, dan begitu dia kulik-kulik lebih lanjut.. langsung dong hari ini, semua group yang masih di messenger dan WA dia minta ke tele aja wkwkwkwkw

Demikianlah ulasan dari Christina Lie, jadi sekarang Anda mau tetap di WA atau pindah ke Telegram

Posting Komentar untuk "Perbedaan WhatasApp dengan Telegram, Menurut Ulasan Christina Lie"