Kulwa Seri 11 : Tehnik Optimasi BIO Instagram

14 Apr 2020
Seri #11 : TEHNIK OPTIMASI PROFIL INSTAGRAM

SESI 1

Sungguh sebuah kebahagian bagi saya Dosen Jualan, malam sudah sharing materi ke-11. 10 materi pertama telah tunai dibagikan. Bagi yang baru bergabung. Tenang saja, semua materi dari materi 1 hingga 10, akan saya share ulang di chanel Telegram saya di https://t.me/teledosenjualan | Silahkan Joint

Mari kita mulai materinya :

Dimateri sebelumnya kita telah sukses berburu "Follower Instagram", follower memang penting. Tapi sebelum mencoba menambah follower Instagram , kembali dulula ke hal yang dasar banget. Yakni membuat profile instagram anda tampak cantik dan menarik. Membuat Profile Instagram yang Cantik, Menarik, dan Profesional adalah Pondasi Utama untuk mendapatkan Banyak Follower Instagram.

Kesan pertama sangat penting. Menurut Forbes, dalam 7 detik saja otak kita mampu menyimpulkan kesan tentang orang asing yang kita temui, dan ini akan mempengaruhi keputusan dan tindakan kita selanjutnya. Demikian juga di Instagram. Akun Instagram Anda adalah “orang asing” di mata calon follower anda.

Halaman profile Instagram Anda adalah yang pertama kali dilihat oleh calon follower. Mereka hanya mampir 1-2 detik, sebelum akhirnya memutuskan menjadi follower atau mengabaikan anda. Karena itu, unsur aesthetic dari bio instagram penting diperhatikan. Pastikan bio IG anda keren dan membuat orang tertarik menjadi follower.

Di Profil Instagram Ada beberapa unsur penting yang harus Anda pastikan telah dikerjakan dengan benar;

1. User Name
2. Foto Profil
3. Full Name
4. Category Akun
5. Bio
6. Link CTA

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar ini http://prntscr.com/req22i (klik linknya) dan jangan lupa follow akun IG @kampusdosenjualanjogja yah

SESI 2

Sebelum membaca materi ini, pastikan dulu Anda sudah follow akun IG dari @kampusdosenjualanjogja, ( https://www.instagram.com/kampusdosenjualanjogja/ ) karena study kasusnya ada disana.

Kita Bahas dulu Tentang USER NAME

Pemilihan username Instagram sepertinya sepele. Tapi pengaruhnya sangat besar, bisa gak username Anda nancep di ingatan follower Anda. Untuk itu buatlah username yang

1. Singkat dan Jelas
Username sebaiknya singkat saja, jangan terlalu panjang. Jika memungkinkan berupa singkatan saja. Seperti pada foto diatas selain menggunakan nama @kampusdosenjualanjogja akun ini juga bisa menggunakan @kdj.jogja atau @kdj.jogja.id

2. Mudah disebut, mudah dieja dan mudah ditulis
Username haruslah mudah diucapkan dan dieja oleh lidah follower Anda, jangan sampai lidah mereka keseleo gara-gara nyebut nama akun Anda. Hindarii menggunakan emoji di username, misalnya  @😸😸😸kucingku. Terlalu banyak angka, misalnya @kucing123456. Jangan gunakan simbol diawal usernem misalnya @tarabaso. Kebayakan underscore misalnya @jual__gamis.terbaru, juga tidak boleh menggunakan username yang Alay seperti @thokoh_bajoe_distro @c1nt4.chamu.clalu

3. Jika memang niatan Anda adalah jualan di Instagram. Jauh lebih baik gunakan saja username yang langsung jualan. Contohnya @bajubusui @gamismurahbandung @mukenapolos

Silahkan cermati username Anda. Sambil nunggu materi SESI 3. Bolehkan Anda membantu Pak Dosen Jualan (pemateri kita dalam Kulwa ini) untuk like dan komen di postingan beliau dilink berikut ini : https://www.instagram.com/p/B9d7WPwJOzv/
SESI 3

Kita Bahas dulu Tentang FOTO PROFIL, FULL NAME DAN CATEGORY AKUN

1. Tentang foto Profil, jika akun Anda adalah akun personal maka gunakanlah Foto Wajah Anda, karena sesungguhnya wajah Anda adalah bagian dari personal branding Anda.

2. Jika akun Anda adalah akun komunitas atau organisasi, gunakanlah logo dari komunitas atau organisasi Anda

3. Jika akun Anda adalah akun jualan, gunakan logo dari toko atau merk Anda. Jika tidak ada gunakanlah foto produk Anda.

4. Full Name; isilah full name dengan NAMA LENGKAP yang lebih jelas dan lebih panjang. Boleh menggunakan KATA KUNCI dari Produk yang Anda jual. Misal username Anda adalah @mukenapiyungan maka kali ini Full name isi dengan GROSIR MUKENA MURAH PIYUNGAN. Ini akan membantu Anda saat follower Anda melalakukan pencarian di mesin pencari Instagram, ilmu ini disebut SEO INSTAGRAM (boleh gak dibahas di materi berikutnya). Full Name ini bebas anda ganti kapan saja. Tidak permanen. Anda bebas bereksperimen. Ingat: Anda hanya bisa menulis 30 karakter untuk bagian nama Instagram. Pastikan optimal.

5. Kategori Akun. Kategori hanya muncul jika Anda adalah pengguna Instagram Bisnis (lain kali dibahas juga), Anda hanya dapat memilih category sesuai yang disediakan pihak Instagram. Pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis Anda.

Ayo, cek foto profil, full name dan category akun Anda. Sambil nunggu materi SESI 4. Bolehkan Anda membantu Pak Dosen Jualan (pemateri kita dalam Kulwa ini) untuk like dan komen di postingan beliau dilink berikut ini : https://www.instagram.com/p/B9d7WPwJOzv/

SESI 4

Mari kita bahas tentang BIO

Dibagian ini tersedia 150 karakter yang dapat Anda maksimalkna. Anda boleh menulis penjelasan lengkap tentang jualan Anda. Mulai dari merk, kualitas, bahan baku, varian, harga, cara order dan lainnya. Bagi Anda yang main SEO INSTAGRAM, pastikan ada kata kunci dalam 84 karakter pertama dari BIO ini. Di bio juga dapat Anda tulis arahan untuk follower Anda, tentang bagaimana cara mereka kalo ingin order, atau ingin ikut give away dan lain sebagainya.

Ada juga "perdebatan" di dunia IG, tentang boleh tidaknya pasang Hastag di BIO. Masih pro kontra sih, tentu Anda boleh pasang atau tidak, kalaupun masang, jangan terlalu banyak. 1 atau 2 hastag sudah cukup.

Ini adalah beberapa patokan untuk Anda saat nulis BIO

1. Tulislah apa yang Anda jual dan apa manfaatnya
2. Jika ada banyak poing yang harus ditulis, gunakan bullet point atau pemisah ENTER (baris baru)
3. Jika akun personal branding, sebutkan apa yang Anda kerjakan atau keahlian Anda
4. Gunakan kalimat yang menggugah emosi, misalnya "setiap belaja 100rb, maka ada hak anak yatim disana 5% yang kami donasikan"
5. Kalo harus menggunakan emoticon, jangan berlebihan yah

Ok, silahkan benahi BIO Anda.

SESI 5

Ini adalah satu-satunya link yang bisa diklik di profile Instagram (jangan dicuekin dan diabaikan) Disinilah kesempatan Anda untuk mengarahkan follower Anda untuk melakukan aksi yang muda. Gunakan kesempatan ini untuk membangun database email atau kontak HP follower, atau mengarahkan mereka ke toko online untuk membeli produk Anda. Lihat 8 akun dibawah ini :

Akun 1 : http://prntscr.com/rerldd
Akun 2 : http://prntscr.com/rerlz0
Akun 3 : http://prntscr.com/rermly
Akun 4 : http://prntscr.com/rern3w
Akun 5 : http://prntscr.com/rero4v
Akun 6 : http://prntscr.com/rerpp8
Akun 7 : http://prntscr.com/rerrjw
Akun 8 : http://prntscr.com/rers1c

Kalo Anda cermat mengamatinya satu per satu, makan masing-masing akun menggunakan link yang berbeda, tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan Anda cermati dan pelajari, lalu pilih mana yang paling cocok untuk Anda gunakan.

URL yang singkat dan domain website yang jelas akan mengundang lebih banyak klik. Apalagi klo jika ada kata gratisnya. Jangan lupa gunakan kalimat ajakan (call to action) yang diletakan di akhir bio (sebelum link) nuntuk mengundang lebih banyak orang yang akan mengklik link anda.

Mari kita tunggu materi SESI 6, sambil nunggu mohon bantuannya untuk like, komen dan save postingan ini yah https://www.instagram.com/p/B9YRZimlTN5/
SESI 6


Demikian materi kita malam ini, sebelum diakhiri, followlah akaun @kampusdosenjualanjogja LIKE, KOMENTAR dan SAVE postingan kami.

Ini akan menjadi penyemangat kami untuk terus berbagi di group ini.


Minggu depan materi kita adalah TEHNIK OPTIMASI BIO INSTAGRAM untuk JUALAN ONLINE


Pantengin tiap Rabu malam jam 19.45. Ajak teman lainnya.

Untuk tanya jawab, silahkan kirim pertanyaan Anda disini https://forms.gle/CipppzLPA4yqAw676

Rangkuman materi 1-10 bisa Anda akses pada hari Kamis siang di Chanel Telegram Dosen Jualan https://t.me/teledosenjualan

Saya pamit undur diri dari kelas, ijin melanjutkan membuat TUTORIAL TENTANG STUPA SEO

Salam Hormat Saya

dari Graha Kampus Dosen Jualan

Piyungan Bantul Yogyakarta
Description
: Kulwa Seri 11 : Tehnik Optimasi BIO Instagram
Rating
: 4.5
Reviewer
: suryadinlaoddang
ItemReviewed
: Kulwa Seri 11 : Tehnik Optimasi BIO Instagram

0 komentar:

Posting Komentar test

Copyright 2017 - 081 327 087 397 | Pembicara Internet Marketing Konsultan Pelatihan Pemasaran Coach Digital Online