Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Warabala Ayam Goreng



Tips Memulai Bisnis Warabala Ayam Goreng. Kalo ada makanan selain nasi yang juga banyak dikonsumsi penduduk Indonesia, tentu itu adalah ayam goreng. Dimasa penulis sekolah dari SD sampai dengan SMA, ayam goreng hanya dianggap sebagai lauk pauk, pendamping makanan pokok. Tapi kini, saat penulis sudah punya anak yang juga sudah bersekolah, ayam goreng sekarang tidak lagi sekedar pendamping makanan pokok. Ayam goreng setelah berubah menjadi makanan pokok juga, hingga menjadi cemilan di berbagai suasana. Mulai dari acara nonton tv, baca buku, saat berwisata hingga kala senggan waktunya.


Tak heran, kini bisnis ayam goreng juga mulai menjamur. Mulai dari level mall berkelas yang bening licin dan ber-AC hingga warung pinggiran jalan, diatas trotoar. Bahkan diatas selokan comberan yang hanya ditutup papan kayu tebal. Bisnis ini bertumbuh karena memang peminatnya yang seolah gak ada habisnya. Mulai dari kanak-kanak hingga orang tua, bahkan yang paruh baya hingga yang sudah renta usia.

Hampir, setiap orang pasti menginginkan memiliki bisnis sendiri. Namun, yang menjadi permasalahan yaitu bisnis apa yang sesuai untuk dijalank? Nah, berdasarkan uraian diatas, maka saat ini jenis bisnis yang paling recommended untuk dilakukan yaitu bisnis warabala ayam goreng.

Mengapa demikian? karena, untuk membuka usaha atau bisnis ayam goreng sangatlah mudah dan hanya membutuhkan modal sangat kecil, tetapi diyakini mampu membukkah keuntungan yang Insya Allah berlimpah. Tidak perlu keahlian khusus dan pengalaman bertahun-tahun. Utuk menjalankan bisnis itu, Anda hanya butuh membuat satu menu saja, yakni menu ayam goreng yang spesial dan cenderung disukai banyak orang. Cukup dengan membuat menu sederhana tersebut, sudah bisa dipastikan kita akan mengeluarkan modal yang jauh lebih sedikit daripada kita memulai bisnis warabala ayam goreng dengan banyak menu sekaligus. Penulis sangat mensarankan untuk menghindari memilih menu yang kurang diminati. Selain akan mengeluarkan modal yang besar, memilih menu yang kurang diminati ini juga akan beresiko tinggi untuk kemajuan usaha ayam goreng yang Anda mulai tersebut.

Memulai Bisnis Warabala Ayam Goreng Dengan Keluarga atau Pasangan.


Mengapa harus memulai bisnis dengan keluarga dan pasangan? Hal ini bertujuan untuk menekan biaya atau modal yang dikeluarkan. selain untuk menekan modal, dengan memulai bersama orang terdekat bisa membuat usaha warabala ayam goreng menjadi jauh lebih hebat dalam urusan merekrut dan menggaji karyawan. Selain itu, keuntungan memulainya usaha bersama orang terdekat, bisnis akan berjalan lebih maksimal dalam penjualan atau promosi. Hal ini ditambah lagi, kita juga bisa memikirkan planning yang sangat tepat untuk kemajuan waralaba ayam goreng dengan modal kecil tanpa harus memikirkan biaya untuk gaji karyawan. Dengan kata lain, memulai bisnis warabala ayam goreng bersama orang terdekat, bisa mempercepat berkembangnya usaha ayam goreng yang kita mulai tersebut.


Cara Memulai Bisnis Waralaba Ayam Goreng

1. Menyusun Business Plan yang Tepat dan Rinci
Business plan alias perencanaan bisnis, adalah sebuah konsep terstruktur dan formal serta tentunya tertulis atas tujuan didirikannya sebuah entitas bisnis. Biasnya business plan ini dibuat dalam format Business Model Canvas (BMC), ada juga dalam bentuk Business Road Map (BRM). Perencanaan bisnis ini ditulis secara rinci berupa sajian beberapa strategi atau langkah-langkah eksekusi bisnis yang nantinya akan dijalankan untuk mencapai goals dari bisnis itu sendiri. Tentunya perencanaan bisnis yang disusun secara matang dan detail akan membantu siapapun yang membacanya akan dapat merealisasikannya dengan mudah, tepat, cepat dan cermat.

2. Menentukan Lokasi
Karena ini adalah bisnis offline, layaknya bisnis kuliner lainnya. Maka untuk bisnis waralaba ayam goreng, lokasi yang tepat tentu akan menjadi salah satu dari beberapa faktor utama yang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan dari bisnis waralaba ayam goreng yang Anda jalankan. Tentu, ini bukan tanpa alasan? Bukankah lokasi yang jelas terlihat, mudah diakses, dan mempunyai tingkat lalu lalang (bisa juga lalu lintas) pengunjung tinggi atau strategis akan memudahkan orang mendatangi dan mengaksesnya, tentu pada akhirny akan mempengaruhi tingkat penjualan waralaba ayam goreng Anda.

3. Menyiapkan Peralatan
Meski untuk menjalankan warabala ayam goreng cukuplah sederhana. Namun bukan berarti bisa dilakukan tanpa persiapan. Tentu, Anda tetap harus mempersiapkan beberapa peralatan memasak dan penyajian sederhana agar bisa membuat hidangan ayam goreng dengan baik. Peralatan-peralatan tersebut antara lain etalase kaca, rice cooker untuk panaskan nasi, wajan, sendok garpu, pisau, talenan, kompor gas dan tabungnya, panci, kursi tempat duduk, meja makan dan lain sebagainya. Tak ketinggalan piring untuk melayani pelanggan Anda. Tempat cuci tangan hingga tissu juga sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan Anda, yang pada akhirnya berpengaruh juga pada omset Anda.

4. Menyiapkan Media Promosi
Selain menu, tempat dan peralatannya. Faktor lain yang tentu tidak boleh Anda abaikan adalah pemasaran. Pemasaran yang tepat juga menjadi faktor inti yang menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis waralaba ayam goreng Anda. Karena, tentu sebagus atau seenak apapun menu dan racikan yang Anda tawarkan, akan sia-sia juga jika masyarakat ternyata gagal untuk mengenali produk tersebut dengan baik. Itu artinya, jangan lupakan faktor pemasaran. Menjadi lebih mudah dan asyik lagi, karena pemasaran saat ini bisa Anda formulasikan dengan strategi pemasaran yang sederhana yaitu dengan menggunkan kecanggihan teknologi komunikasi saat ini, seperti media social, social chat, youtube, website, google maps hingga Go Food dan Grab Food. Selain itu, Anda juga perlu menjalankan strategi langkah pemasaran konvensional alias klasik. Seperti memasang beberpa spanduk promosi. Spanduk yang disertai dengan desain yang menarik perhatian, di pasang di depan lokasi usaha Anda. Atau dengan membagikan brosur hingga membuat program promosi yang menarik. Misalanhya saja promo beli satu gratis satu, promo harga pada saat happy hour dan masih banyak lagi ide lainnya.

Nah, setelah membaca artikel ini. Apakah Anda salah satu orang yang akan memutuskan untuk segera membuka usaha warabala ayam goreng? Jika benar, tidak ada salahnya Anda bergabung dengan warabala ayam goreng yang banyak tersedia sekarang.

Posting Komentar untuk " Tips Memulai Bisnis Warabala Ayam Goreng"

Berlangganan via Email