Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembicara Talkshow dan Seminar Digital Marketing di Kompas TV.

Pembicara Talkshow & Seminar Digital Marketing di Kompas TV. 19-22 Agustus 2022, Suryadin Laoddang kembali hadir di Kota Semrang, kali ini di Stadion Diponegoro Semarang. Hadir atas undangan BRI dan Kompas TV dalam rangka Pesta Rakayat Simpedes Semarang 2022, dengan tema PD memimpin perubahan.
Pembicara Talkshow dan Seminar Digital Marketing di Kompas TV.


Dalam rangkaian acara ini, Dosen Jualan selama 2 hari yakni tanggal 20 dan 21 Agustus didaulat menjadi pembicara dalam acara Talkshow "Identitas Diri dalam Dunia Digital". Dipanggung acara yang disiarkan secara live di Kompas TV ini, Suryadin Laoddang menjadi pembicara bersama Indra Bekti, pengusaha dan artis nasional. Hadir juga Edonis merupakan owner generasi ke-5 Loenpia Mbak Lien Semarang.

Suryadin Laoddang, mendapatkan kesempatan pertama memaparkan materinya. Pendiri sekaligus pemiliki Kampus Dosen Jualan, memaparkan poin pertama yang perlu dipahami dalam menciptakan unique selling point, yaitu buyer persona.

Dengan buyer persona, Anda akan memahami karakteristik konsumen potensial Anda. Jika itu sudah Anda pahami, maka dengan mudah Anda akan merancang dan menentukan cara untuk meraih perhatian mereka. Sebagai contoh, iklan rokok di Indonesia yang tidak diperbolehkan menampilkan adegan merokok, produk rokok, dan tembakau. Tapi justru dari situlah mereka menjadi kreatif, menemukan solusi dalam celah sempat.

Lihatlah rupa iklan rokok saat ini, ada rokok yang mencitrakan diri sebagai rokok yang cocok dihisap dan ngebul di tempat ramai seperti di tongkrongan, pos ronda, dan sebagainya. Di sisi lain, ada juga rokok yang mencitrakan dirinya sebagai rokok khusus untuk konsumen berjiwa petualang, orang yang suka nongkrong out door, di tengah alam.


Pencitraan tersebut berasal dari pemahaman tentang buyer persona calon konsumennya. Jadi, jika Anda sudah memahami siapa sebenarnya yang berpotensi membeli dan menikmati produk Anda, akan lebih mudah untuk memainkan emosi mereka.

Manfaat Platform Digital di Era Revolusi Industri 4.0

Point Kedua yang dipaparkan Suryadin Laoddang adalah bagaimana mengoptimalkan digitalisasi marketing. "Spanduk Bentang, Spanduk Tegak, Baliho dan X-Banner tetap dibutuhkan kok saat ini, tapi wujudnya berubah menjadi digital", papar sosok yang banyak dikenal dengan personal bran sebagai Dosen Jualan ini.

Digitalisasi marketing, dapat menjadi cara terbaik untuk memasarkan produk dan jasa, baik bagi bisnis baru maupun yang sudah mature. Terlebih lagi, sudah banyak platform yang dapat Anda gunakan, seperti marketplace dan media sosial, web SEO, shopping entertaiment kayak Tiktok.

Suryadin menyarankan, para pelaku bisnis termasuk para UMKM. Dapat bermain dengan konten kreatifnya untuk menarik atensi publik. Namun, perlu disesuaikan juga dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh, penjualan alat berat dan beton tentulah kurang cocok jika dipasarkan di marketplace. Produk seperti ini cocok denganmemanfaatkan website serta kanal video dengan sentuhan SEO. Sementara produk food, fashion dan fun, tentu tidak cocok jika kanal marketingnya justru mengandalkan website dengan sentuhan SEO sekalipun.

Di akhir sesinya, Dosen Jualan mengingatkan. Agar para pelaku UMKM, tetap perlu berdiskusi dengan berbagai generasi yang sesuai dengan target pasar Anda. Mayoritas generasi milenial dan generasi Z dikenal lebih paham di bidang teknologi serta digital marketing. Sementara pelaku UMKM saat ini, adalah generasi yang memiliki lebih banyak pengalaman bisnis sehingga perlu berdiskusi dan berkolaborasi satu sama lain.
Pembicara Talkshow dan Seminar Digital Marketing di Kompas TV.

Workshop The Important of Packaging Visual Design

Di hari berikutnya, Dosen Jualan mendapatkan amanah untuk berbagi tips terkait pentingnya desain visual pada kemasan produk UMKM. Forum ini disampaikan di tenda pembinaan UMKM, yang disedikan BRI dan Kompas TV, peserta yang hadir adalah 20 UMKM terpilih binaan Bank BRI. Dalam workshop tersebut, Ayah dari 2 jagoan ini memaparkan. Pentingnya konsisten dalam setiap aset digital yang Anda miliki. Mulai dari warna, font, komposisi desain, sapaan dicaption, gaya bahasa hingga celutukan khas.

Mempelajari pentingnya visual dalam urusan tampilan kemasan, bukanlah perkara membaca huruf alfabet semata. Butuh waktu dan cukup untuk membahasnya, Dosen Jualan agak kerepotan menjelaskan itu semua dalam waktu yang singkat. Hnaya 90 menit, sudah termasuk tanya jawab. Nah jika Anda ingin diskusi dan konsultasi tentang desain kemasan yang baik, Dosen Jualan menyarankan Anda belajar pada 3 orang sahabat Dosen Jualan berikut :

Area Semarang sekitarnya, silahkan hubungi Coach Dody Zulkifli ==> disini
Area Malang sekitarnya, silahkan hubungi Coach Estas Assadurahman ==> kesini
Area Makassar sekitarnya, silahkan hubungi Coach Khaidir Burhanuddin ==> dimari
 
Selamat berkonsultasi.
Salam hormat dari Dosen Jualan. Jika Anda butuh orang yang bisa membuka wawasan tim digital marketing Anda tentang konsep digital marketing yang holistik dan terarah implementasinya. Suryadin Laoddang sangat cocok untuk Anda hubungi lewat nomor WA 081 327 087 397

Posting Komentar untuk "Pembicara Talkshow dan Seminar Digital Marketing di Kompas TV."