Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsultan Digital Marketing

Konsultan Digital Marketing adalah, seorang profesional yang menjadikan kompetensinya sebagai solusi bagi bisnis kliennya. Mereka ada profesional dengan kompetensi yang mampu memetakan kondisi terkini terkait digital marketing kliennya. Memiliki kompetensi memetakan alternatif solusi digital marketing bagi klienya. Juga memiliki kompetensi, menyusun rencana strategis (renstra) pengembangan digital marketing bagi kliennya. Mulai dari tahap perencanaan, perancangan, impelementasi, monitoring dan evaluasi juga tentunya.

Konsultan Digital Marketing

Memiliki kemampuan tehnis digital marketing, bukanlah syarat mutlak untuk menjadi konsultan digital marketing. Tapi, sang konsultan memilikinya, itu akan sangat membantu. Akan banyak masalah yang bisa terselesaikan jika seorang konsultan digital marketing, punya kemampuan tehnis ini. Selain kemampuan tehnis, profesional ini juga harus punya kemampuan leadership yang mumpuni. Kemampuan leadership ini mencakup kemampuan perencanaan agenda kerja, penataan personil tim digital marketing, penataaan sumber daya, perancangan agenda eksekusi, monitoring dan evaluasi kinerja dan program itu sendiri.

Tugas Konsultan Digital Marketing

Berikut penulis akan merincikan, apa saja tugas Konsultan Digital Marketing;

  1. Mengawali program konsultasi, konsultan melakukan pertemuan atau rapat terbatas dengan kliennya, baik itu pimpinan, maupun timnya. Pertemuan ini, tentu harus terlaksana lebih dari 1 kali. Tujuannya adalah untuk menggali masalah apa yang sebenarnya sedang dihadapi sang klien. Sekaligus juga untuk menggali potensi-potensi kekuatan yang ada pada diri sang klien.
  2. Menginventaris data-data terkait digital marketing kliennya. Mulai dari alurnya, polanya, asetnya, kontennya dan tentu saja personil tim digital marketing kliennya. Data ini penting buat konsultan dan kliennya, karena dapat menjadi pijakan dan rujukan untuk menentukan target program konsultasi itu sendiri.
  3. Mampu memilah data yang terlah terkumpula tadi menjadi data pendukung, minimal menentukan skala prioritas, bagian dan aspek mana yang akan mendapatkan penanganan terlebih dahulu.
  4. Menyusun skema penilaian program marketing, termasuk tolok ukur dan angka-angka indikatornya, serta worksheet-nya.
  5. Menyusun komposisi tim digital marketing, termasuk rencana rekruitmen, jobdesc, mutasi personil dan jenjang karir. Termasuk menyusun skema bonus kinerja, target capain. Worksheet capaian, tolok ukur dan angka indikatornya.
  6. Merancang konsep, produksi dan distribusi konten pemasaran yang diperlukan klien. Mulai dari membentuk image brand, cara-cara meluaskan awareness, menajamkan interest, memastikan desire dan meningkat tingkat action closing.
  7. Merancang program traffic marketing, untuk meningkatkan lalu lintas calon konsumen dari perusahaan klien. Termasuk program funneling-nya.
  8. Membantu kinerja tim marketing perusahaan klien, melalui wawasan baru dan saran-saran mengenai teknik pemasaran terkini.
  9. Mengadakan training digital marketing kepada personil tim digital marketing di perusahaan klien
  10. Mencari, menemukan dan mengikat kerjasama dengan vendor marketing, jika Anda membutuhkannya.
  11. Merancang kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen untuk dijadikan dasar strategi pemasaran.
  12. Membantu tim, untuk terus membangun interaksi konsumen dan perusahaan di media sosial serta platform lainnya.

Cukup banyak juga yah…

Itulah alasan kenapa seorang konsultan digital marketing, haruslah orang yang memiliki wawasan yang luas. Pergaulan yang luas, memiliki relasi yang banyak. Harus pembelajar sejati, juga memiliki kemampuan detailing proyek marketing. Tentu, bukan berarti sang konsultan yang harus mengerjakan semua. Tetapi, sang konsultanlah yang harus mengatur timnya agar bekerja sesuai dengan perencanaan sang konsultan.

Kapan Anda Butuh Konsultan Digital Marketing

Sejatinya, sejak awal memulai bisnis, milikilah konsultan marketing untuk bisnis Anda. Tentu jika anggarannya ada. Jika tidak tersedia anggaran yang cukup, mungkin Andalah sebagai pemiliki bisnis yang harus memikirkan konsep marketing Anda sendiri. Paling banter dibantu bagian marketing di bisnis Anda.

Namun seiring pertumbuhan bisnis Anda, seiring dengan dinamika bisnis Anda, pastilah arah dan gerak digital marketing harus lebih Anda rapikan. Digital marketing Anda tidak lagi sekedar bicara, sebar promosi secara membabi buta. Tidak lagi sekedar stuffing keyword di semua platform. Melainkan sudah butuh strategi, sudah butuh branding. Konsumen yang datang kepada Anda tidak lagi semata yang menemukan website Anda di halaman satu Google. Mereka berdatangan bisa dari jalur sebagai pelanggan setia, jalur rekomendasi, jalur rasa percaya yang tinggi pada kemasan Anda. Bisa datang sebagai efek dari citra produk Anda, pada ciri khas kampanye iklan Anda.

Kesimpulan dari pertanyaan kapan Anda butuh konsultan digital marketing? Simak tips berikut ini;

  1. Saat bisnis baru dimulai (start up). Anda butuh konsultan untuk membantu mengambil keputusan, platform dan model marketing mana yang sebaiknya mendapatkan prioritas terlebih dahulu.
  2. Saat bisnis masuk fase bertumbuh (growt). Anda butuh konsultan untuk membantu Anda melihat peta jalan (road map) digital marketing Anda. Membantu Anda berbicara bagaimana memaksimalkan anggaran marketing untuk hasil yang lebih besar lagi.
  3. Saat bisnis masuk fase stabil (established). Anda butuh konsultan digital marketing untuk membantu Anda mempertahankan posisi bisnis Anda di mata konsumen. Mempertahankan market share Anda, bertahan biar tidak direbut kompetitor. Seraya mempersiapkan kuda-kuda untuk memperluas lagi pangsa dan segmen pasar lainnya.
  4. Saat bisnis Anda masuk fase membesar (scale up). Anda butuh kehadiran konsultan digital marketing, untuk merancang konsep marketing baru, dengan jangkauan lebih luas lagi. Konsultan akan membantu Anda melirik siapa gerangan mitra bisnis yang bisa Anda ajak untuk kolaborasi bisnis. Minimal kolaborasi marketing.

Dosen Jualan, Konsultan Segudang Pengalaman

Berbekal pengalamannya sebagai pelaku digital marketing sejak 1998 (jaman milist yahoo dan Mirc), lalu tambahan jam terbang sebagai pembicara internet marketing sejak 2012. Juga ratusan panggung seminar, workshop, pelatihan dan talkshow yang menghadirkan Suryadin Laoddang.

Selain dua hal tersebut tadi, Suryadin Laoddang juga memiliki segudang pengalaman mendalam dalam hal digital marketing. Terutama karena Suryadin Laoddang adalah founder dan mentor senior di Kampus Dosen Jualan. Sebuah kampus yang fokus mengajarkan ilmu praktis digital marketing di Yogyakarta. Hingga akhir tahun 2022, Kampus Dosen Jualan sudah berjalan dalam 83 angkatan, lebih dari 8.000 alumni yang lulus dari program-programnya.

Di kediamannya di Piyungan, Bantul Yogyakarta. Dalam setiap minggunya, rerata 2 orang atau rombongan yang datang untuk konsultasi terkait digital marketing ke Dosen Jualan. Mereka konsultasi tentang bagaimana shifting ke digital marketing. Ada juga yang konsultasi bagaimana membangun tim digital marekting, hingga bagaimana menumbuhkan dan memaksimalkan tim digital marketing. Seiring dengan perkembangan tehnologi, konsultasi yang dibuka oleh Suryadin Laoddang juga melayani dalam format Private Webinar Meeting. Ini terutama untuk melayani mereka yang ingin konsultasi dan berasal dari luar Pulau Jawa.

Berikut daftar beberapa lembaga dan perusahaan yang telah merasakan manfaat dari kompetensi Suryadin Laoddang. Baik sebagai konsultan ataupun sebagai pembicara tamu; 

Kementerian dan Lembagan Negera yang Pernah Mengundang

  1. Badan Intelejen Strategis (BAIS) TNI
  2. LPP Curug
  3. Kementerian Keuangan
  4. Dirjen Pajak
  5. Dirjen Pajak Yogyakarta
  6. Dirjen Pajak Blora
  7. Dirjen Pajak Banjarmasin
  8. Dirjen Pajak

BUMN dan BUMD

  1. Bank Indonesia (12 Kali)
  2. Pertamina (3 Kali)
  3. Bank Rakyat Indonesia (2 Kali)
  4. Petrokimia Gresik
  5. Bank BRI

Perbankan

  1. Bank Indonesia (12 Kali)
  2. Bank BRI
  3. Bank BNI
  4. Bank Bukopin

Perusahaan Multi Nasional

  1. Honda
  2. Brigstone

Perusahaan Berbasis Jaringan yang Pernah Mengundang 

  1. Oriflame
  2. Nasa
  3. Moment
  4. Pay Trend
  5. Melia
  6. Melilea
  7. Brithis Propolis
  8. MSI
  9. MCI
  10. K-Link

Lembaga Filantropi yang Pernah Mengundang

  1. Dompet Dhuafa
  2. PPA Al Qur’an
  3. Baznas
  4. Laznas
  5. Lazismu
  6. Rumat Sakat

Perusahaan Properti yang Pernah Mengundang

  1. Ray White
  2. Rumah.com
  3. Mulia Arsitektur

Jasa Konsultan Digital Marketing

Di Indonesia sendiri belum banyak profesional yang membuka diri untuk menawarkan kompetensinya kepada khalayak. Mayoritas masih bermain under ground, menyasar komunitas bisnis dengan pendekatan khusus. Belum banyak berani memproklamirkan jasanya di media sosial.

Kenapa demikian?

Sejatinya bukan karena mereka gak mau, tapi mereka masih enggan, karena pasar belum siap. Pasar belum bisa membedakan yang fungsi konsultan, yang mana fungsi pendampingan.

Jika Anda membutuhkan Jasa Konsultan Digital Marketing, perhatikanlah tingkat kepakarannya, jam terbangnya, jangan luap lihat juga kemampuannya mentransformasikan kompetensinya ke Anda dan tim Anda. Konsultan digital marketing, bukanlah orang yang Anda minta membantu Anda pasangkan iklan produk Anda, tapi Anda tidak terlibat dalam proses tersebut. Akhirnya tidak terjadi transfer kompetensi ke tim Anda.

Sangatlah bijak, jika Anda gunakan jasa konsultan mereka secara parsial terlebih dahulu. Misalnya Anda mengambil paket konsultasi tentang membangun tim digital marketing dulu, atau konsultasi tentang manajemen konten dulu. Jika Anda puas dengan ini, lanjutkan kerjasamanya dengan sang konsultan untuk agenda kerja yang lebih besar lagi.

Tertarik konsultasi terbatas bersama Suryadin Laoddang (Dosen Jualan), silahkan hubungi Admin ke nomor wa berikut wa.me/6281327087397

Posting Komentar untuk "Konsultan Digital Marketing"