Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mesin Cuci Manual dan Otomatis

Mesin Cuci Biasa dan Otomatis

Saat ini mesin cuci telah menjadi peralatan wajib bagi ibu – ibu rumah tangga. Sebab dengan memiliki mesin cuci pekerjaan rumah lebih cepat selesai dan mudah dikerjakan. Maksudnya dengan menggunakan mesin cuci, para ibu tetap bisa mengerjakan pekerjaan lain meski di saat yang bersamaan sedang mencuci pakaian.

Seiring berkembangnya teknologi, mesin cuci juga ikut berkembang. Tidak lagi memerlukan tenaga manual untuk mengoperasikannya, hingga mesin cuci otomatis yang sangat membantu pekerjaan. Lalu apa sebenarnya perbedaan mesin cuci manual dan otomatis, ya?

Yuk, simak penjelasan berikut ini agar kamu memahami sebenarnya apa yang membedakan dari mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis.

Perbedaan Mesin Cuci Manual dan Otomatis

Mesin cuci manual adalah mesin cuci yang masih memiliki dua tabung di dalamnya, sehingga proses mencuci pakaian dan proses pengeringan dilakukan terpisah. Sehingga mesin cuci manual masih memerlukan bantuan atau tenaga penggunanya. Sementara itu mesin cuci otomatis adalah mesin cuci yang hanya memiliki satu tabung, dalam pemakaiannya juga proses mencuci dan mengeringkan pakaian dijalankan otomatis dalam sekali perintah.

Lebih lengkap berikut ini perbedaan mesin cuci manual dan otomatis yang harus kamu ketahui.

1. Mesin cuci manual atau mesin cuci 2 tabung  memiliki harga yang lebih terjangkau
daripada mesin cuci otomatis

Mesin cuci manual meski cukup merepotkan tapi tetap menjadi andalan, sehingga mesin cuci jenis ini masih banyak peminatnya di pasaran. Harganya yang murah menjadi alasan utama para ibu untuk menggunakan mesin cuci jenis ini.

 2. Mesin cuci manual lebih hemat listrik daripada mesin cuci otomatis

Dengan pengoperasiannya yang masih manual, atau masih memerlukan tenaga penggunanya membuat mesin cuci ini lebih hemat listrik. Selain itu biaya perawatan untuk mesin cuci manual juga lebih murah. Bahkan spare part mesin cuci 2 tabung ini lebih mudah dicari daripada mesin cuci otomatis.

3. Mesin cuci 1 tabung atau otomatis lebih praktis pemakaiannya dari pada mesin cuci manual

Dengan berbagai fitur dan teknologi yang menyertainya, mesin cuci otomatis lebih mudah digunakan. Pengguna tidak lagi harus memasukkan deterjen, softener, atau perlengkapan lainnya secara manual.

Selain itu proses mencuci pakaian, membilas, hingga mengeringkan juga dilakukan dalam sekali program. Sehingga pakaian akan dikeluarkan jika pakaian telah kering.

Tiga perbedaan yang telah dijelaskan adalah perbedaan paling mencolok antara mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis. Akan tetapi keduanya memiliki kelebihan – kelebihannya masing – masing. Berikut ini kelebihan mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Manual dan Mesin Cuci Otomatis

1. Mesin Cuci Manual

Mesin cuci manual atau mesin cuci dua tabung menjadi andalan di pasar mesin cuci. Padahal jika dibandingkan dari segi pemakaian, mesin cuci jenis ini kalah praktis dan efisien dari penerusnya, yaitu mesin  cuci otomatis.

Dengan mesin cuci manual ini masih banyak peminatnya, tentu saja mesin cuci ini memiliki kelebihan yang masih menarik untuk tetap dibeli. Ini dia penjelasannya.

Harga Murah

Harga yang murah menjadi salah satu faktor utama mesin cuci manual masih terus dicari di pasaran. Meski teknologi yang ditawarkan tidak selengkap mesin cuci otomatis. Dengan harga yang murah para ibu sudah sangat terbantu untuk meringankan pekerjaan mencuci pakaian mereka.

Lebih Hemat Listrik

Meski sebenarnya mesin cuci otomatis memiliki fitur untuk menghemat penggunaan listrik, akan tetapi mesin cuci manual masih yang paling hemat dalam memakai tenaga listrik. 

2. Mesin Cuci Otomatis

Mesin cuci satu tabung atau mesin cuci otomatis memiliki dua tipe, lho. Yaitu top loading dan front loading. Dimana yang membedakan dari kedua tipe mesin cuci otomatis itu adalah posisi atau letak tutupnya yang berada di sisi depan dan bagian atas.

Kelebihan Mesin Cuci Otomatis Top Loading

Secara fisik mesin cuci jenis ini memiliki sedikit kemiripan dengan mesin cuci manual. Hanya saja dari segi tabung, mesin cuci ini hanya memiliki satu tabung. Selain dari segi fisik, mesin cuci otomatis top loading juga cukup hemat listrik, lho.

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Sesuai namanya, mesin cuci ini memiliki tutup atau jalur memasukkan pakaian di sisi depan. Mesin cuci ini juga memiliki proses pencucian yang lebih efektif daripada jenis mesin cuci manual atau bahkan dari mesin cuci otomatis top loading. Pengering dalam mesin cuci jenis ini juga sangat bekerja secara maksimal, hingga pakaian memiliki tingkat kekeringan yang cukup tinggi.

Selain pencucian yang lebih efektif, mesin cuci ini sangat menjaga pakaian, yang artinya ketika pakaian dicuci makan tidak akan ada kerusakan. Tidak sampai di situ, mesin cuci jenis ini juga sangat hemat dalam penggunaan air, lho.

Kesimpulannya, setiap jenis mesin cuci pastilah memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Begitupun dengan perbedaannya.

Untuk itu kamu bisa menggunakan jenis mesin cuci apapun sesuai dengan kebutuhan pekerjaanmu. Semakin banyak kelebihan atau teknologi yang ingin kamu dapatkan, maka kamu juga harus siap dengan harga yang ikut meningkat.

Untuk mendapatkan mesin cuci manual atau otomatis dengan kualitas terbaik dan harga yang bersahabat, kamu bisa percayakan kebutuhanmu itu pada SuperMarket Laundry. SuperMarket Laundry adalah distributor peralatan dan perlengkapan laundry terbesar se Indonesia Timur.

Tak heran jika SuperMarket Laundry memiliki mitra sampai ratusan, untuk pengalamannya juga tidak perlu diragukan. Sebab SuperMarket Laundry telah berdiri selama lebih kurang 7 tahun.

Di SuperMarket Laundry kamu akan ditawarkan berbagai merk mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis yang sangat terjamin kualitasnya. Bahkan kamu juga akan mendapatkan berbagai macam fasilitas., lho. Dengan syarat kamu harus mempercayakan kebutuhanmu di SuperMarket Laundry.

Berikut daftar fasilitas yang akan kamu dapatkan saat berbelanja di SuperMarket Laundry.

1. Gratis Pengiriman

Jika kamu yang berada di Kota Makassar dan daerah sekitarnya. Tentu saja kamu akan mendapatkan gratis pengiriman dari SuperMarket Laundry. Nmaun untuk kamu yang berada di luar Kota Makassar, kamu tidak perlu khawatir, ya. Sebab SuperMarket Laundry lah yang akan memastikan barang pesananmu aman sampai ke ekspedisi.

2. Gratis Konsultasi

Dengan fasilitas ini kamu bisa berkonsultasi mengenai hal apapun seputar mesin cuci. Bahkan jika kamu berniat membuka usaha laundry, berkonsultasi dengan SuperMarket Laundry adalah pilihan yang tepat.

3. Gratis Instalasi

Jika kamu membeli peralatan laundry yang perlu di instalasi ulang di rumahmu, maka SuperMarket Laundry akan membantumu dalam proses itu tanpa perlu membayar jasa.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan mesin cuci manual dan otomatis, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung memilih mesin cuci.


Posting Komentar untuk " Perbedaan Mesin Cuci Manual dan Otomatis"