Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Bisnis Laundry Kiloan



Strategi Bisnis Laundry Kiloan




Jenis usaha laundry merupakan salah satu jenis industri rumah tangga yang tidak memerlukan banyak modal dan tenaga kerja. Salah satu bisnis laundry yang kini makin menjamur adalah usaha laundry kiloan. Namun dengan maraknya bisnis ini, maka semakin banyak pesaing yang harus dihadapi, oleh karena itu agar bisnis usaha laundry kiloan yang kamu jalani dapat memiliki pelanggan, kamu harus menjalankan strategi bisnis laundry kiloan dengan sebaik mungkin agar usahamu tetap berjalan lancar dan bertahan.

Peluang mendapatkan keuntungan dengan membuka usaha laundry kiloan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjalankan usaha ini. Bagaimana tidak, dengan modal yang relatif kecil dan hanya menggunakan peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang dimiliki kamu sudah bisa membuka usaha laundry kiloan. Pantas saja jika usaha laundry ini terus menjamur, bukan?

Apa Itu Laundry Kiloan?

Laundry kiloan adalah jasa mencuci pakaian yang sistem pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah pakaian yang dicuci dengan hitungan per kilo. Dimana penyedia jasa cuci pakaian telah lebih dulu menentukan berapa besaran tarif laundry pakaian per kilonya. Dengan begitu ketika akan mencuci pakaian, maka berat total pakaian yang dicuci akan dikalikan dengan harga per kilonya.

Jenis usaha laundry ini biasanya menjadi solusi cepat bagi masyarakat perkotaan yang memiliki aktivitas sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka. Usaha laundry kiloan juga bisa menjadi pekerjaan sampingan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan.

Tips Strategi Bisnis Laundry Kiloan

Dengan banyaknya pesaing dalam menjalankan usaha laundry kiloan, maka kamu harus memutar otak untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat memberikan penawaran dan memiliki keunggulan dari pesaing usaha laundry lainnya. Untuk mengembagkan usaha laundry kiloanmu mari simaklah beberapa tips mengenai strategi bisnis laundry kiloan di bawah ini.

1. Buka Usaha Laundry di Tempat yang Tepat

Dengan membuka usaha laundry kiloan di tempat yang tepat, kamu sudah berada di langkah awal untuk menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis laundry yang kamu miliki. Sebab dengan membuka usaha di tempat yang tepat maka usahamu akan lebih mudah ditemukan dan dibutuhkan.

Seperti di lingkungan kos-kosan atau apartemen, dimana penghuninya jarang atau bahkan tidak memiliki alat pencuci pakaian. Sehingga dengan kondisi tersebut kamu dapat menjadikannya sebagai peluang mencari keuntungan.

2. Melakukan Strategi Promosi yang Efektif

Membuka usaha di tempat yang tepat tidak cukup untuk membuat usaha laundrymu dibutuhkan, kamu tetap perlu melakukan promosi sebagai alat untuk mengenalkan usaha yang kamu jalani. Dengan melakukan promosi yang efektif, kamu bisa menarik banyak konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

Contohnya adalah dengan membuat konten di sosial media, sebab saat ini berbagai platform media sosial telah menjadi salah satu kunci utama bisnis dikenal dan mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu kamu harus memiliki konten-kontenpromosi yang dapat menarik konsumen.

Selain promosi di sosial media, kamu juga bisa melakukan promosi secara langsung, lho. Seperti menggunakan bantuan orang lain untuk mengenalkan usahamu dari mulut ke mulut atau membuat spanduk. Namun melakukan promosi haruslah dengan efektif dan sesuai kebutuhan, agar budget tidak membengkak yang akan berakhir dengan kerugian.

3. Tentukan Harga yang Sesuai

Harga menjadi salah satu pertimbangan saat kita membeli atau akan menggunakan suatu jasa, bukan? Oleh karena itu, kamu harus menentukan harga yang sesuai dengan lingkungan tempat usahamu berada. Jika kamu membuka usaha di daerah kos-kosan atau apartemen tentu memiliki rate harga yang berbeda per kilo cuciannya. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu melakukan analisis terlebih dahulu, jangan lupa sesuaikan juga dengan harga pasar saat itu.

4. Tawarkan Layanan yang Beragam

Untuk menjadi beda dari pesaing-pesaing lainnya, kamu harus memiliki layanan yang beragam sehingga tidak hanya menawarkan jasa mencuci pakaian. Kamu bisa menyediakan layanan mencuci sepatu, boneka, bed cover, sofa, karpet, atau bahkan helm. Sehingga pelanggan tidak hanya datang untuk menitipkan pakaiannya untuk dicuci, tapi juga barang-barang lainnya.

5. Berikan Pelayanan dengan Baik

Untuk membuat pelanggan nyaman maka kamu harus memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin. Mulai dari sambutan yang ramah kepada konsumen yang baru datang, hingga memastikan setiap barang yang dicuci tetap dalam keadaan baik tanpa sedikitpun kerusakan.

Pakaian yang dicuci dibersihkan dengan baik, menyetrika dan melipat pakaian dengan rapi, hingga pekerjaan yang selesai dengan tepat waktu. Menerima masukan dan kritikan dari pelanggan dengan respon yang baik juga harus kamu lakukan agar pelanggan merasa dihargai.

6. Selalu Berinovasi

Meski usaha laundry adalah jenis usaha yang tidak perlu mengikuti tren, tetap saja inovasi tetap dibutuhkan agar pelanggan tetap percaya untuk tetap menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Selain itu jasa yang kamu tawarkan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

7. Sediakan Layanan Antar Jemput

Dengan menyediakan layanan antar jemput kamu sudah dapat menarik pelanggan, lho. Apalagi untuk konsumen yang memiliki aktivitas sibuk, sehingga tidak memiliki waktu untuk sekedar mengantar cucian ke kios usaha laundrymu.

8. Lakukan Manajemen Keuangan Sebaik Mungkin

Untuk menjaga usaha laundrymu agar tetap eksis, maka kamu harus memiliki manajemen keuangan yang bagus. Agar kamu mengetahui setiap pemakaian uang untuk apa dan bagaimana hasilnya.

Misalnya kamu menentukan budget Rp 2.000.000,- untuk melakukan promosi, maka dengan biaya sebesar itu kamu harus mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan sampai dengan biaya promosi yang cukup besar tidak menghasilkan apa-apa untuk usaha laundry kiloan yang kamu jalani.

Itulah beberapa tips strategi bisnis laundry kiloan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan usahamu. Dengan memahami setiap langkahnya diharapkan usahamu dapat menarik banyak konsumen dan meraih banyak keuntungan.

Lengkapi Fasilitas Bisnis laundry anda di Pusat Kebutuhan Laundry

Untuk menambah fasilitas usahamu memiliki peralatan dan perlengkapan yang bagus, maka kamu perlu berbelanja di Supermarket Laundry yang merupakan distributor kebutuhan laundry terlengkap di Indonesia bagian timur.

Tidak hanya menyediakan peralatan dan perlengkapan terlengkap, Supermarket Laundry juga menawarkan paket usaha laundry dengan harga yang tidak menguras kantong. Selain dapat membeli perlengkapan dan peralatan dengan sistem paket, kamu juga tetap bisa membelinya dengan grosir, lho. Seperti pelembut pakaian, alat pengering, mesin cuci, hanger, jepitan baju, deterjen, setrika, plastik packing dan beberapa peralatan lainnya.

Tidak hanya akan mendapatkan barang berkualitas, dengan berbelanja di Supermarket Laundry kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai keuntungan, seperti gratis pengiriman untuk wilayah Kota Makassar dan sekitarnya, gratis konsultasi mengenai bisnis laundry, hingga gratis instalasi untuk peralatan yang memerlukan perakitan.

Informasi lebih lengkap mengenai Supermarket Laundry bisa kamu dapatkan dengan mengakses website resmi Supermarket Laundry di link berikut ini https://pusatkebutuhanlaundry.com/.

Posting Komentar untuk "Strategi Bisnis Laundry Kiloan"